In-depth

Bedah Formasi Ideal Timnas Indonesia Agar Tak Jadi Lumbung Gol Argentina di FIFA Matchday

Rabu, 7 Juni 2023 15:41 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi Witan Sulaeman usai mencetak gol pertama Timnas Indonesia ke gawang Burundi pada FIFA Matchday di stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/03/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi Witan Sulaeman usai mencetak gol pertama Timnas Indonesia ke gawang Burundi pada FIFA Matchday di stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/03/23).

INDOSPORT.COM – Jelang partai sengit FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Argentina pekan depan, berikut beberapa taktik yang bisa diterapkan skuad Garuda agar tak jadi lumbung gol dari pasukan Tim Tango.

Hanya dalam hitungan beberapa hari, Timnas Indonesia akan cetak sejarah dengan menghadapi negara berperingkat satu FIFA serta juara dunia, Argentina pada 19 Juni 2023 mendatang.

Bertanding di Stadion Gelora Bung Karno, skuad Garuda sebagai tuan rumah berharap bisa mendapat pelajaran penting dari Argentina jelang tampil di ajang Piala Asia.

Secara statistik, jelas Argentina adalah lawan super berat dan diatas kertas cukup mustahil buat Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan.

Apalagi sebelum terbang ke Indonesia, federasi sepak bola Argentina telah memastikan bahwa megabintang mereka, Lionel Messi bakal ikut datang ke Tanah Air.

Tanpa diperkuat Lionel Messi pun skuad Tim Tango masih terlihat menakutkan buat Timnas Indonesia, lantaran mereka punya sejumlah pemain tenar yang mentas di kawasan Eropa.

Andai Lionel Messi absen meski dibawa ke Indonesia, pelatih Lionel Scaloni masih bisa memainkan Julian Alvarez yang menggila bersama Manchester City atau Giovanni Simeone yang baru membantu Napoli juarai Liga Italia.

Jelang hadapi Argentina, pelatih Shin Tae-yong sudah memanggil 26 pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia dengan 10 diantaranya merupakan bintang di kompetisi luar negeri.

Timnas Indonesia juga ketambahan empat pemain yang baru saja menjalani proses naturalisasi yakni Ivar Jenner, Rafael Struick, Shayne Pattynama dan Sandy Walsh.

Kehadiran para pemain tersebut diharapkan bisa membantu Timnas Indonesia minimal tidak menjadi lumbung gol saat berhadapan dengan Argentina.

Selain dari sisi skuad, segi taktikal juga bakal menentukan nasib Timnas Indonesia di laga kontra Argentina nanti.

Melihat dari trek rekor pertandingan La Albiceleste, ada beberapa strategi yang mungkin bisa diterapkan Shin Tae-yong agar bisa menahan permainan Lionel Messi cs.