Bola Internasional

Cuma Ada di Liga Jepang, 3 Jenis Derby Klub Sepak Bola yang Bikin J1 League Semakin Unik

Rabu, 7 Juni 2023 04:51 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© J.League
Gamba Osaka, salah satu tim J1 League. Copyright: © J.League
Gamba Osaka, salah satu tim J1 League.

INDOSPORT.COM - Derby dalam sebuah pertandingan sepak bola menjadi salah satu daya tarik yang unik. Begitu pula dengan derby klub sepak bola di kompetisi Liga Jepang (J1 League).

Tradisi derby klub sepak bola di Liga Jepang ternyata cukup unik, terutama di divisi papan atas J1 League musim 2023. 

Derby di sana tak hanya melibatkan klub satu kota, namun mulai dari derby wilayah atau prefektur hingga derby satu pulau.

Pada J1 League musim ini saja, dari 18 klub yang bertarung ada banyak pertandingan derby yang tersaji. 

Derby di divisi paling bergengsi di Liga Jepang musim ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Derby Kyushu, Derby Keihanshin, dan Derby Greater Tokyo.

Nah seperti apa detailnya, berikut kita paham lebih dekat mengenai deretan derby klub sepak bola di J1 League musim 2023.

1. Derby Kyushu

Kyushu adalah pulau terbesar ketiga di Jepang dan berada paling selatan di antara pulau-pulau utama Negeri Sakura.

Musim ini, ada dua klub J1 League yang berasal dari Pulau Kyushu, yakni Avispa Fukuoka dari Prefektur Fukuoka dan Sagan Tosu dari Prefektur Saga.

Kandang kedua tim hanya berjarak 30 kilometer alias tak sampai satu jam perjalanan darat, membuat persaingan keduanya untuk jadi yang terbaik di Kyushu semakin memanas.

2. Keihanshin (Kansai)

Keihanshin adalah kota metropolis terbesar kedua di Jepang, terdiri dari Prefektur Osaka, Hyogo, dan Kyoto, dengan area ini lebih dikenal dengan nama Area Kansai.

Musim ini, ada empat tim yang berasal dari sini, yaitu Gamba Osaka, Cerezo Osaka, Vissel Kobe, dan Kyoto Sanga. Pertemuan dua dari empat tim ini biasa disebut dengan Derby Kansai.

Irisan dari empat tim ini juga memiliki sebutan derby mereka sendiri.

Pertemuan Kyoto Sanga dengan Gamba Osaka atau Cerezo Osaka diberi nama Derby Keihan, sedangkan pertemuan Vissel Kobe dengan dua tim asal Osaka diberi nama Derby Hanshin.

Laga terbesar di daerah ini adalah laga Derby Osaka, mempertemukan Gamba Osaka yang kini berkandang di Kota Suita Prefektur Osaka dengan Cerezo yang berasal dari pusat Kota Osaka.