In-depth

3 Bek Muda di Liga Jepang yang Bisa Ikuti Jejak Karier Takehiro Tomiyasu di Inggris

Senin, 8 Mei 2023 18:10 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ryan Pierse/Getty Images
Bek Arsenal, Takehiro Tomiyasu, menjadi idola bek muda di Liga Jepang (J1 League). Copyright: © Ryan Pierse/Getty Images
Bek Arsenal, Takehiro Tomiyasu, menjadi idola bek muda di Liga Jepang (J1 League).

INDOSPORT.COM - Bagi pesepakbola muda di Liga Jepang, khususnya J1 League, mungkin nama Takehiro Tomiyasu menjadi sosok idola yang kariernya paling banyak ingin diikuti.

Tomiyasu kini baru berusia 24 tahun, namun sudah menjadi andalan utama Mikel Arteta di Arsenal. Hanya saja saat dia terganjal oleh cedera lutut.

Sepak terjang karier Tomiyasu di Benua Eropa yang melesat bak roket, jelas menjadikannya sebagai idola dan panutan oleh pemain muda, khususnya para bek.

Tomiyasu pergi ke Eropa pertama kali pada 2018 dengan gabung ke klub Belgia, Sint-Truiden. 

Setelah itu dia langsung jadi pemain starter di Italia bersama Bologna, dengan catatan 61 pertandingan serta 3 gol dan 3 assist.

Setelah 2 musim, Tomiyasu kemudian diboyong Arsenal ke Inggris. Dan hingga saat ini menjadi salah satu pemain bertahan yang disegani di Inggris.

Berkaca dari karier cemerlang Takehiro Tomiyasu, berikut adalah 3 bek muda di J1 League yang bisa mengikuti jejak karier Tomiyasu di Inggris.

1. Kashif Bangnagande (21 Tahun)

Bek kelahiran Ibu Kota Tokyo ini jebolan akademi FC Tokyo yang kini menjadi pemain andalan di skuad utama.

Untuk J1 League musim ini saja, Kashif Bangnagande sudah mencatat 9 pertandingan liga bersama FC Tokyo.

Berposisi sebagai bek kiri, Bangnagande digadang-gadang sebagai penerus Yuto Nagatomo, yang juga saat ini sama-sama bermain di FC Tokyo.

Bahkan skill dan kemampuan Bangnagande di posisi bek kiri membuat pelatih Albert Puig Ortoneda menggeser posisi Nagatomo ke sisi kanan.

Secara keseluruhan, Kashif Bangnagande sudah mencatat 35 laga di J1 League bersama FC Tokyo, dengan torehan 1 gol dan 2 assist.

Lebih hebatnya lagi, Bangnagande sudah melakukan debut bersama Timnas Jepang senior. Debutnya dicatat ketika Jepang kalah 1-2 dari Kolombia di Kirin Challenge Cup pada 28 Maret 2023.