Liga Indonesia

Rafael Struick Akui Alami Masalah Serius Saat Ikut TC Timnas di Surabaya, Apa Itu?

Kamis, 8 Juni 2023 18:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Dua pemai naturalisasi, Ivar Jenner dan Rafael Struick (kanan). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Dua pemai naturalisasi, Ivar Jenner dan Rafael Struick (kanan).

INDOSPORT.COM - Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick sudah mengikuti pemusatan latihan di Surabaya, Jawa Timur dalam empat hari terakhir. Dia mengaku sedikit kesulitan beradaptasi dengan cuaca panas.

Setelah resmi dinaturalisasi 22 Mei lalu di Jakarta, Rafael langsung mendapat panggilan pelatih Shin Tae-yong untuk FIFA matchday bulan ini. Ada dua pertandingan yang menanti yakni lawan Palestina (14 Juni) dan Argentina (19 Juni).

Setelah jalani latihan bersama rekan-rekannya, Rafael mengaku enjoy. Dia mengatakan harus bekerja keras supaya bisa terpilih masuk line up.

"Sudah ada lebih banyak pemain sekarang, sudah mulai dikumpulkan dan saya pikir pelatihannya sangat bagus.  Saya senang bermain dengan tim dan mari bekerja keras dalam dua minggu ini," katanya.

Meski sudah dua pekan berada di Indonesia, Rafael mengaku masih butuh waktu adaptasi dengan cuaca panas, terutama saat sedang latihan. Tapi, pemain 20 tahun itu bersyukur hujan tidak turun saat latihan di lapangan terbuka karena itu akan menyulitkan.

"Sejujurnya saya harus terbiasa dengan cuacanya, tapi menurutku semuanya berjalan dengan baik. Saya kira lapangan sangat bagus," jelas Rafael Struick.

"Tapi seperti yang saya katakan, cuaca sangat panas jadi saya harus membiasakan diri. Tapi ini lebih baik dari pada hujan," imbuhnya.

Lebih lanjut, pemain blasteran Indonesia-Belanda itu menegaskan siap berlatih keras di latihan. Rafael ingin menunjukan kemampuan terbaik, supaya tim pelatih bisa melihat dan menilai. 

Dengan demikian, peluang Rafael untuk menjalani debut bersama skuad Garuda di FIFA matchday terbuka lebar.

"Saya harap diberi waktu untuk bermain dan dalam latihan hanya untuk menunjukan kemampuan saya dan saya akan berikan 100 persen di latihan. Dan mari kita lihat apa yang terjadi," ujarnya.