Liga Indonesia

Shin Tae-yong Belum Turun Tangan, Rachmat Irianto Was-was Jelang Lawan Palestina

Kamis, 8 Juni 2023 17:21 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Suasana latihan Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Suasana latihan Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Gelandang timnas Indonesia, Rachmat Irianto, mengatakan pelatih Shin Tae-yong belum memimpin langsung pemusatan latihan selama tiga hari terakhir. 

Dari 26 pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan, baru 15 nama yang bergabung. Sebanyak 11 lainnya masih membela klub, sehingga Shin Tae-yong belum bisa menjalankan program latihan secara detail.

Juru taktik asal Korea Selatan itu lantas menyuruh asistennya seperti Nova Arianto, Shin Sang-gyu (pelatih fisik), dan dll. untuk menggenjot fisik pemain di gym dan lapangan.

"Karena belum kumpul sepenuhnya jadi dipimpin dan dimantapkan dulu oleh asisten pelatih. Jadi kami ikuti apa asisten yang tentu dapat informasi dari head coach," kata Rachmat Irianto.

Meski Shin Tae-yong belum turun tangan, Irianto menyampaikan semua pemain dalam kondisi baik. Hanya Sandy Walsh yang mengalami sedikit cedera saat latihan di Lapangan Thor, Surabaya.

"Alhamdulillah kondisi aman semua. Sandy Walsh sedikit cedera dan lagi diobservasi. Moga-moga tak apa-apa," jelas Rian, sapaan akrabnya.

Pemusatan latihan kali ini adalah untuk persiapan FIFA matchday. Skuat Garuda terlebih dulu menghadapi Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 14 Juni mendatang.

Laga itu sudah dinanti Rian karena dia akan bermain di kampung halaman. Ia berharap suporter memenuhi Stadion GBT supaya bisa membakar semangat pemain.

"Jelas kami harus kerja keras dan fokus saat hadapi tim yang rankingnya lebih tinggi. Tentu saya sangat antusias main di GBT, sangat senang dan saya berharap penuh stadion," ujar Rachmat Irianto.

"Tentunya saya tanyakan dulu ke klub bagaimana itu Mohammed Rashid karena tidak sempat main bareng di Persib," imbuh Rian soal pemain Palestina yang pernah main di Persib Bandung.