Liga Indonesia

Update Kabar Cedera Zalnando, Persib Bandung Bisa Tersenyum?

Kamis, 8 Juni 2023 16:35 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, membawa kabar baik terkait kondisi terkini Zalnando menjelang bergulirnya kompetisi Liga 1 musim 2023-2024. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, membawa kabar baik terkait kondisi terkini Zalnando menjelang bergulirnya kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

INDOSPORT.COM - Menjelang bergulirnya kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 yang akan mulai bergulir pada 1 Juli 2023, dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, membawa kabar baik terkait kondisi terkini Zalnando.

Menurut Rafi, kondisi bek kiri tersebut saat ini sudah semakin membaik, setelah sempat mengalami cedera di bagian kaki kirinya saat kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Sebagai informasi, cedera tersebut didapat Zalnando, saat pertandingan pekan ke-14 kompetisi Liga 1 2022-2023 menghadapi Dewa United di Stadion Manahan, Solo, Rabu (14/12/22).

Saat itu, setelah pertandingan Zalnando pulang ke Bandung untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut di rumah sakit di Kota Bandung dan menjalani operasi, Jumat (16/12/22).

Pemain asal Kota Cimahi ini, sudah bisa berlatih bersama tim pada persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung.

Meskipun, belum menjalankan secara penuh materi latihan seperti rekan-rekannya yang lain. Menurut Rafi, meski kondisi Zalnando sudah mulai membaik, namun tim pelatih akan memberikan program secara bertahap kepada pemain berusia 26 tahun tersebut.

"Zalnando, Alhamdulillah sudah mulai berlatih, kondisinya saat ini sangat baik, kita coba bertahap masuk pada saat game," ucap Rafi Ghani.

Sebelumnya, Zalnando mengatakan kondisinya sudah semakin membaik, setelah menjalani operasi dan menjalankan program pemulihan beberapa pekan.

"Kondisi fisik sejauh ini sudah lagi di fase penguatan pergelangan kaki, sama adaptasi. Kalau tulang Alhamdulillah sudah oke gak mikirin si tulangnya itu sendiri," kata Zalnando beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Zalnando menuturkan, tidak merasa trauma, namun selama menjalankan program pemulihan dia membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan aktivitas yang biasa dilakukannya.

"Kalau trauma, saya enggak ada mikir traumanya cuma emang adaptasi pergelangan kaki aja, jadi kaya beberapa pergerakan masih ya biasalah, karena kan ada dislokasi terus ada patah juga," ungkapnya.

"Jadi sebenarnya yang bikin sakit itu pasca dislokasi masih diadaptasikan. Patahnya enggak masalah, sudah gak dipikirin lagi," kata Zalnando menambahkan.