Liga Indonesia

Target jadi Nomor 1 ASEAN, PSSI Kerja Sama dengan Liga Jerman untuk Benahi 2 Masalah

Sabtu, 10 Juni 2023 16:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© PSSI
PSSI resmi kerja sama dengan Deutsche Fussball Liga (DFL) atau Liga Sepakbola Jerman. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
PSSI resmi kerja sama dengan Deutsche Fussball Liga (DFL) atau Liga Sepakbola Jerman. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - PSSI resmi menandatangani kerja sama dengan Deutsche Fussball Liga (DFL) atau Liga Sepak bola Jerman. Kedua belah pihak sepakat untuk membenahi sepak bola Indonesia yang masih carut-marut.

Kerja sama itu difokuskan pada dua hal yaitu pertama, memajukan kapasitas teknis dan keahlian olahraga. Kedua, memajukan struktur liga dan klub.

Dalam MoU tersebut, DFL dan PSSI berkomitmen untuk menyelenggarakan pelatihan dan berkolaborasi dalam pemasaran bersama, untuk mendukung aktivitas inti sepak bola.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, jika ingin menjadi yang terdepan di Asia Tenggara, Indonesia harus belajar lebih dalam pengelolaan sepak bola profesional, termasuk dari Jerman.

“Upaya ini sejalan dengan misi kami untuk mengangkat liga sepakbola Indonesia, yang diharapkan akan menjadi kompetisi sepak bola utama di Asia Tenggara,” ujar Erick.

Dia menambahkan, kerja sama PSSI dan DFL bertujuan untuk meningkatkan level olahraga dan aspek teknis sepak bola Indonesia, memicu peningkatan kualitas permainan dan daya saing.

Kemitraan ini tidak hanya memiliki kekuatan untuk merevolusi sepak bola sebagai sebuah cabang olahraga, melainkan juga untuk pengembangan pemain muda Indonesia.

“Karena fondasi kompetisi diperkuat melalui perjanjian ini, maka aspek-aspek penting seperti organisasi kompetisi, manajemen stadion, keselamatan penggemar, dan perizinan akan dijalankan dengan profesionalisme,” tutur Erick Thohir.

Sementara itu, Chief Marketing Officer (CMO) Bundesliga Internasional Peer Naubert mengatakan Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara, dan menjadi salah satu pasar terpenting.

'Karena alasan inilah kami melihat hubungan yang kuat antara DFL dan PSSI, untuk semakin memperkuat hubungan Jerman-Indonesia,” tutur Naubert.