Liga Indonesia

Suporter PSS Sleman Beri Kritikan Pedas, Leonard Tupamahu Angkat Bicara

Senin, 12 Juni 2023 13:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© MO PSS Sleman
Bek PSS Sleman, Leonard Tupamahu, menanggapi positif kritik pedas suporter atas kekalahan 0-1 dari Borneo FC dalam uji coba di Stadion Maguwoharjo. (Foto: MO PSS Sleman) Copyright: © MO PSS Sleman
Bek PSS Sleman, Leonard Tupamahu, menanggapi positif kritik pedas suporter atas kekalahan 0-1 dari Borneo FC dalam uji coba di Stadion Maguwoharjo. (Foto: MO PSS Sleman)

INDOSPORT.COM - Bek PSS Sleman, Leonard Tupamahu, menanggapi positif kritik pedas suporter atas kekalahan 0-1 dari Borneo FC dalam uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/06/23). Tim Elang Jawa siap kerja lebih keras lagi.

Leo baru saja dikenalkan secara resmi oleh PSS pada Minggu pagi. Peraih dua gelar Liga 1 bersama Bali United ini menjadi opsi anyar untuk pos bek tengah.

Tak butuh waktu lama bagi Leo mencatatkan debut. Pada sore harinya, Leo langsung dimainkan dalam uji coba melawan salah satu mantan klubnya, Borneo FC.

Sayangnya, debut Leo tak berjalan dengan suasana bagus. Gol tunggal Borneo FC lewat tandukan kepala Leo Lelis menghadirkan kekecewaan dari suporter setia PSS.

Pada akhir-akhir laga, suporter menyanyikan lagu yang mempertanyakan cara bermain PSS. Suporter pun turut menyinggung harga tiket uji coba yang tak sebanding dengan performa tim di lapangan.

Puncaknya, saat anthem 'Sampai Kau Bisa' diputar usai laga, suporter tak ikut bernyanyi dan melemparkan beberapa flare ke lapangan.

Terkait kritik itu, Leonard Tupamahu mewajarkan sikap suporter. Ia menilai suporter layak melakukan kritik setelah pertandingan selesai.

"Aku pikir ini hal yang harus kita terima, karena pada pertandingan ini kita tidak mendapatkan hasil yang kita harapkan. Kita semua pasti ingin menang, BCS juga ingin melihat kami menang dan bermain bagus," kata Leonard usai pertandingan.

Sebagai pemain yang baru bergabung, kritik pedas itu tak membuat nyali tim menjadi ciut. Justru kritikan itu perlu direspons dengan perbaikan performa di atas lapangan.

Setelah partai ini, PSS masih memiliki dua uji coba melawan sesama tim Liga 1 pada 17 Juni dan 24 Juni 2023. PSS kemungkinan bakal melawan Barito Putera dan Persib Bandung.

"Kritikan ini harus kita terima untuk ke depan menjadi lebih baik lagi. Kita belajar lebih keras lagi untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya," ujar Leonard.