In-depth

Menengok Kiprah Timnas Argentina Tanpa Lionel Messi, Bisa Apa?

Sabtu, 17 Juni 2023 16:48 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS-Dylan Martinez
Lionel Messi usai membawa Argentina raih gelar Piala Dunia 2022 REUTERS-Dylan Martinez Copyright: © REUTERS-Dylan Martinez
Lionel Messi usai membawa Argentina raih gelar Piala Dunia 2022 REUTERS-Dylan Martinez

INDOSPORT.COM - Timnas Argentina pernah beberapa bulan menjalani pertandingan internasional tanpa Lionel Messi. Absennya La Pulga bisa dimanfaatkan oleh timnas Indonesia?

Timnas Argentina sukses meraih kemenangan saat bertanding di laga uji coba FIFA Matchday melawan Australia di Stadion Workers, Kamis (15/06/23) kemarin. Tim Tango menang dengan skor 2-0.

Argentina unggul lebih dahulu melalui gol cepat Lionel Messi di menit ke-2, kemudian digandakan oleh German Pezzella di menit ke-68. Skor 2-0 bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini membuat Argentina mendulang cukup banyak poin untuk mempertahankan posisi mereka di puncak ranking FIFA.

Selain itu, ini juga jadi kemenangan ketiga beruntun Argentina di laga uji coba usai melakoni final Piala Dunia 2022 lalu. Adapun tiga kemenangan itu diraih melawan Panama (2-0), Curacao (7-0) dan Australia (2-0).

Usai melawan Australia, anak asuh Lionel Scaloni langsung bergegas untuk menjalani pertandingan tour Asia keduanya, melawan timnas Indonesia.

Skuad Garuda akan menjamu Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Senin (19/06/23) malam WIB. Namun komposisi pemain yang dibawa oleh tim tamu sedikit berbeda.

Sebab Argentina dipastikan tidak akan membawa beberapa pemain bintang utamanya, termasuk Lionel Messi. Kepastian itu disampaikan oleh pelatih Lionel Scaloni dan juga kedatangan skuad Albiceleste.

“Messi, Ota dan Di Maria tidak meminta saya untuk melewatkan pertandingan melawan Indonesia. 

"Tapi itu adalah keputusan saya untuk memberi mereka istirahat bersama keluarga mereka untuk berliburan,” kata Scaloni dalam unggahan tersebut.

Saat ini, timnas Argentina sudah tiba di Tanah Air pada Jumat (16/06/23) malam WIB kemarin. Rombongan langsung disambut oleh para pengurus PSSI termasuk ketua umum Erick Thohir dan wakilnya, Zainudin Amali.

Tidak adanya Lionel Messi sendiri bisa dibilang menjadi berkah untuk timnas Indonesia, karena timnas Argentina tak bisa berbuat banyak ketika La Pulga absen.