In-depth

Bedah Kualitas Josko Gvardiol, Layak Jadi Bek Termahal di Liga Inggris Usai Gabung Man City?

Minggu, 18 Juni 2023 05:24 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Annegret Hilse
Josko Gvardiol berduel dengan Erling Haaland di laga RB Leipzig vs Manchester City (23/02/23). (Foto: REUTERS/Annegret Hilse) Copyright: © REUTERS/Annegret Hilse
Josko Gvardiol berduel dengan Erling Haaland di laga RB Leipzig vs Manchester City (23/02/23). (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

INDOSPORT.COM - Josko Gvardiol disebut akan segera resmi berseragam Manchester City dan bakal jadi salah satu bek termahal di Liga Inggris (Premier League). Bagaimana kualitasnya?

Manchester City akhirnya mulai bergerak di lantai bursa transfer musim panas 2023 ini. Sektor belakang tampaknya jadi titik awal yang akan segera dibenahi oleh Pep Guardiola saat jeda kompetisi kali ini.

Meski sebenarnya Manchester City sangat kokoh di sektor pertahanan, tetapi kedalama skuad nampaknya jadi pertimbangan untuk Guardiola tetap mencari bek tambahan di jendela transfer.

Salah satu bek yang sedang diincarnya adalah Josko Gvardiol. Pemain milik RB Leipzig itu dilaporkan oleh Fabrizio Romano menjadi buruan nomor wahid The Citizens. 

Negosiasi secara pribadi dengan sang pemain tengah berjalan untuk kesepakatan detail kontrak serta gaji nantinya, dan disambut positif oleh sang pemain.

Sayangnya jika kedua belah pihak sepakat, Manchester City tetap bakal menemui kendala berupa harga tinggi yang bakal dipatok oleh RB Leipzig sebesar 80 juta euro.

Bek berusia 21 tahun itu bakal jadi salah satu bek termahal di Liga Inggris, seandainya Manchester City bersedia menebusnya dengan harga segitu.

Rekor sebelumnya tercatat ketika Manchester United membayar sekitar 80 juta pound atau Rp 1,51 triliun untuk mengontrak Harry Maguire dari Leicester City pada 2019.

"RB Leipzig hanya akan menjual Gvardiol dengan harga yang tinggi. Kalau tidak berani, mereka siap mempertahankannya untuk semusim lagi," cuit Fabrizio Romano di Twitternya.

Kontrak Josko Gvardiol sendiri kontraknya masih berjalan cukup panjang hingga Juni 2027 mendatang. Tak heran jika pemain asal Kroasia ini dipatok cukup harga jual cukup tinggi.

Lantas bagaimana kualitas dari seorang Josko Gvardiol yang bikin Manchester City ngoto untuk memboyongnya dari RB Leipzig? berikut ulasan singkatnya: