Bola Internasional

FAM Stop Naturalisasi untuk Malaysia, 'Tetangga' Makin Iri dengan Timnas Indonesia

Minggu, 18 Juni 2023 13:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© arenabolasepak.com
Pemain naturalisasi Malaysia, Mohamadou Sumareh. Copyright: © arenabolasepak.com
Pemain naturalisasi Malaysia, Mohamadou Sumareh.

INDOSPORT.COM - Asosiasi sepak bola Malaysia (FAM) menghentikan program naturalisasi mulai tahun 2024. Suporter 'tetangga' makin iri dengan Timnas Indonesia.

FAM terakhir kali melakukan naturalisasi pada empat pemain di awal tahun 2023. Mereka adalah Endrick dos Santos dan Paulo Josue (Brasil) Romel Morales (Kolombia), serta Argzim Redzovic (Montenegro).

Sebelumnya juga ada Ezequiel Aguero (Argentina), Guilherme de Paula (Brasil), Lee Tuck (Inggris), Liridon Krasniqi (Kosovo), dan Mohamadou Sumareh (Gambia).

Berbeda dengan Indonesia yang melakukan naturalisasi hanya pada pemain keturunan yang berkarir di Eropa, Malaysia mengambil pemain naturalisasi dari para pemain asing.

Pemain asing yang bersinar saat tampil di Liga Malaysia, berpeluang besar untuk dinaturalisasi dan membela Timnas Malaysia.

Namun karena langkah ini tidak efektif untuk mendongkrak prestasi Harimau Malaya, maka PSSI-nya Malaysia itu pun menghentikan upaya naturalisasi per tahun 2024.

Hal ini diungkapkan oleh akun media sosial Instagram @atukbola, melansir dari Koppa TV, dan mengunggah potret Presiden FAM Malaysia, Datuk Hamidin Mohd Amin.

"Berita Semasa: Mula Tahun Hadapan Tiada Lagi Pemain Naturalisasi," tertulis di akun tersebut, yang menyatakan jika tak ada lagi program naturalisasi per tahun 2024 nanti.

"Bagus juga, bisa kita maksimalkan buat pemain lokal. Tahun ini saja sudah berapa kali kita lakukan naturalisasi, cukup sudah, yang ada pun kurang memberi dampak," tulis sang pemilik akun.

Namun, keputusan ini ternyata menuai protes dari suporter Timnas Malaysia.