In-depth

Profil Timnas Irak, Lawan Pertama Indonesia di Piala Asia 2023

Senin, 19 Juni 2023 15:56 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PSSI
Profil Timnas Irak, lawan pertama Indonesia di Piala Asia 2023. Copyright: © PSSI
Profil Timnas Irak, lawan pertama Indonesia di Piala Asia 2023.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan menghadapi Irak di laga perdana grup Piala Asia 2023 yang mulai digelar pada Januari hingga Februari 2024.

Skuad Garuda tergabung di Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam. Pertandingan pertamanya sendiri akan diselenggarakan pada 15 Januari 2024.

Bertanding di Education City Stadium, Al Rayyan, Timnas Indonesia bakal menghadapi musuh yang tidak mudah.

Timnas Irak merupakan salah satu kekuatan sepak bola Asia yang cukup punya nama di Benua Kuning. Mereka tercatat sebagai kampiun Piala Asia 2007.

Sang Singa Mesopotamia sendiri lolos ke Piala Asia 2023 melalui jalur kualifikasi Piala Dunia 2022 zona AFC.

Saat itu, mereka berada di grup yang sama dengan Hongkong, Iran, Kamboja, Bahrain, dan Iran, serta berhasil finis di posisi kedua.

Untuk sekarang, Timnas Irak berada di ranking 67 FIFA alias terbaik kedua di Grup D Piala Asia 2023 setelah Jepang.

Pelatih

Untuk Piala Asia 2023, Timnas Irak dibesut pelatih asal Spanyol, Jesus Casas, yang sebelumnya pernah menjadi asisten Luis Enrique dan Roberto Moreno.

Nama Jesus Casas sendiri belum lama ini sempat menjadi perbincangan para penggemar sepak bola di Indonesia karena komentarnya jelang laga grup Piala Asia 2023.

Gara-garanya, ia hanya menyebut Jepang sebagai lawan terkuat di Grup D, sehingga Irak dan Vietnam harus bersusah payah agar bisa lolos ke fase berikutnya.