In-depth

5 Fakta Unik Stadion Ahmad bin Ali, Tempat Timnas Indonesia Jalani Laga Perdana di Piala Asia 2023

Senin, 19 Juni 2023 11:51 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Sejumlah fakta menarik mewarnai Stadion Ahmad bin Ali, tempat yang bakal digunakan Timnas Indonesia di laga perdana Piala Asia 2023.

Pesta sepak bola terbesar antar negara di kawasan Benua Kuninga, Piala Asia 2023 kurang dari beberapa bulan lagi akan segera bergulir tepatnya mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang di Qatar.

Sebelum bergulirnya turnamen, pihak penyelenggara, AFC telah melakukan drawing atau pengundian untuk membagi para peserta di babak penyisihan grup. 

Drawing digelar di Qatar, Kamis (11/05/23), diikuti oleh 24 tim untuk dibagi ke dalam 6 grup berbeda. Beberapa mantan pemain asal Asia seperti Tim Cahill dan Park Ji-sung hadir dalam acara itu.

Timnas Indonesia masuk ke dalam Grup D, bersama Vietnam, Irak, dan Jepang. Irak merupakan juara Piala Asia 2007 yang waktu digelar di Tanah Air, sementara Jepang empat kali memenangi Piala Asia.

"Grup kami tentu bukan grup yang mudah. Saya bisa mengatakan peluang tim untuk lolos (ke fase gugur) adalah 50 persen, tetapi saya mempunyai keyakinan dengan tim kami," kata pellatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dilansir dari kanal Youtube AFC Asian Cup.

Negara Asia Tenggara lainnya, Malaysia, ada di Grup E bersama Korea Selatan, Yordania, dan Bahrain. Sementara itu, Thailand ada di Grup F. Gajah Perang bersaing dengan Arab Saudi, Kyrgistan, dan Oman.

Indonesia sendiri lolos ke Piala Asia 2023 dengan status runner-up Grup A di babak kualifikasi menyingkirkan Kuwait dan Nepal. Sementara posisi juara grup ditempati oleh Yordania.

Selain Indonesia, ada pula Thailand dan Malaysia yang lolos dengan status serupa. War Elephants lolos dari Grup C bersama Uzbekistan, sedangkan Harimau Malaya lewat Grup E bersama Bahrain.

Adapun Vietnam sudah lolos setahun lebih awal dibandingkan tiga negara di atas. Golden Star Warriors mengambil jatah tiket ke turnamen sepakbola terakbar Asia itu lewat status runner-up Grup G dalam kualifikasi putaran kedua.

Catatan di atas mengulangi sejarah yang terjadi pada Piala Asia 2007, ketika itu zona ASEAN terakhir kali diwakili empat tim.

Tetapi partisipasi empat negara ASEAN itu diraih lewat status tuan rumah bersama, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Timnas Indonesia bakal menjalani laga perdana melawan Irak pada 15 Januari 2024 mendatang di Stadion Ahmad bin Ali. Berikut beberapa fakta menarik tentang stadion tersebut.