In-depth

Kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia, Tak Pernah Lolos Grup hingga Gol Fenomenal Widodo C Putro

Minggu, 18 Juni 2023 12:40 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Widodo C Putro mejadi salah satu saksi hidup kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia. Foto: Ratno Prasetyo/ INDOSPORT. Copyright: © Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Widodo C Putro mejadi salah satu saksi hidup kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia. Foto: Ratno Prasetyo/ INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan berpartisipasi di Piala Asia 2023 yang akan digelar di Qatar pada bulan Januari 2024 mendatang.

Mereka tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Laga perdana skuad Garuda bakal digelar pada 15 Januari 2024 di Stadion Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan.

Ini adalah kali pertama bagi Timnas Indonesia tampil di Piala Asia lagi setelah absen sejak edisi 2011 lalu karena berbagai alasan.

Selain tidak lolos kualifikasi, sepak terjang Indonesia di ajang ini juga sempat tersandung hukuman larangan bermain FIFA.

Namun kini para penggemar sepak bola di Tanah Air bisa tersenyum lagi karena tim nasional negara tercinta sudah kembali ke kompetisi bergengsi ini.

Sebagai informasi, ini adalah kali kelima Timnas Indonesia lolos kualifikasi Piala Asia, setelah terakhir kali tampil di edisi 2007 lalu.

Lantas, seperti apa kiprah Timnas Indonesia selama empat kali tampil di Piala Asia sebelum edisi 2023 ini? Ternyata, tidak pernah lolos fase grup.

1996

Merupakan kali pertama Timnas Indonesia tampil di Piala Asia. Bermain di Uni Emirat Arab, Widodo Cahyono Putro dkk waktu itu finis di peringkat terbawah Grup A.

Mereka hanya berhasil mengemas 1 poin dari 3 laga melawan tuan rumah, Kuwait, dan Korea Selatan.