In-depth

Profil Jepang, Lawan Terberat Timnas Indonesia di Grup Piala Asia 2023

Kamis, 22 Juni 2023 16:41 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Susana Vera
Jepang bakal jadi lawan terberat Timnas Indonesia di laga Grup Piala Asia 2023. Foto: REUTERS/Susana Vera. Copyright: © REUTERS/Susana Vera
Jepang bakal jadi lawan terberat Timnas Indonesia di laga Grup Piala Asia 2023. Foto: REUTERS/Susana Vera.

INDOSPORT.COM - Profil Jepang, salah satu kontestan Grup D yang bakal dihadapi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 pada Januari 2024 nanti.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia tergabung dalam grup yang beranggotakan Jepang, Vietnam, dan Irak.

Jika melihat peta kekuatan di Grup D, Timnas Jepang nampaknya menjadi tim favorit lolos dengan kekuatan yang mereka miliki.

Industri sepak bola Jepang sendiri sudah berkembang pesat dari masa ke masa, termasuk sejak era Piala Dunia 1998 yang digelar di Prancis.

Pada waktu itu, tim nasional mereka beranggotakan pemain-pemain yang merumput di liga lokal, J. League.

Piala Dunia 2002 pun tidak berbeda jauh. Jepang yang menjadi tuan rumah bersama Korea Selatan hanya memiliki empat pemain yang berkarier di klub Benua Biru.

Namun kini situasi sudah berubah jauh. Skuad yang tampil di Piala Dunia 2022 Qatar beberapa waktu lalu didominasi pemain-pemain liga Eropa.

Sejauh ini, Timnas Jepang pun menjadi tim paling mentereng di Grup D Piala Asia 2023 dengan status ranking 20 FIFA - terbaik dari Asia.

Tidak ayal, Timnas Indonesia berikut Irak dan Vietnam harus waspada dengan skuad Samurai Biru ini, yang sekarang ditangani oleh Hajime Moriyasu.

Pelatih

Pelatih lokal asal Shizuoka ini punya catatan lumayan bagus di Piala Asia usai mengantarkan Timnas Jepang menjadi runner-up edisi lalu (2019).