Liga Indonesia

Uji Coba Persis Solo vs Persebaya Dikritik, Ternyata Ada Misi Mulia di Baliknya

Kamis, 22 Juni 2023 12:50 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pertandingan Persis Solo vs Jeonbuk Hyundai Motors di Stadion Manahan Solo, Sabtu (17/6/23) malam. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pertandingan Persis Solo vs Jeonbuk Hyundai Motors di Stadion Manahan Solo, Sabtu (17/6/23) malam.

INDOSPORT.COM - Ada misi mulia yang coba diusung di balik pertandingan uji coba jelang Liga 1 antara Persis Solo melawan Persebaya Surabaya di Stadion Manahan, Sabtu (24/06/23). Keuntungan dari hasil penjualan tiket akan digunakan untuk membeli alat pemadam kebakaran.

Uji coba Persis Solo melawan Persebaya mendapat sorotan dari kalangan suporter. Uji coba ini dianggap kurang logis setelah tersebar draft jadwal Liga 1 2023-2024.

Dari draft jadwal itu diketahui bahwa Persebaya akan menjadi lawan pertama Persis Solo di Liga 1. Pertemuan dua klub dihelat pada 2 Juli 2023 di Stadion Manahan.

Laga ini dianggap tak logis karena dua tim ini bisa saling mencuri rahasia tim lawan. Bisa juga kualitas dari uji coba ini akan menurun ketika kedua tim sama-sama tak menurunkan skuat terbaik.

Namun ternyata, kejutan dibuat Persis Solo selaku tuan rumah. Ada misi mulai yang coba diusung dalam laga bertajuk Fire of Hope: Tribute to Damkar Surakarta ini.

Ternyata, keuntungan dari hasil penjualan tiket pertandingan bakal digunakan untuk kegiatan sosial, berupa pengadaan peralatan dan perlengkapan pemadam kebakaran.

Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona, mengatakan selama ini petugas pemadam kebakaran memiliki peran penting dalam kegiatan masyarakat. Bahkan, konteksnya tak sekadar memadamkan api ketika kebakaran.

"Ini merupakan bentuk kepedulian Persis Solo pada elemen-elemen yang memberikan banyak kontribusi bagi masyarakat. Laga melawan Persebaya ini juga menjadi momen romantisme Solo dan Surabaya, karena kedua klub kerap saling mengundang pada laga pra-musim," ucap Bryan.

Persis Solo tak menjelaskan secara rinci tentang alat-alat apa saja yang akan dibeli, dari hasil penjualan tiket laga melawan Persebaya.

Persis Solo hanya menyebut bahwa tugas Damkar Kota Solo cukup banyak, mulai dari edukasi, pencegahan, pengendalian, inspeksi, proteksi, dan juga pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan kebakaran.

"Harapannya, laga ini bisa membawa manfaat bagi pihak Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surakarta," ujar Bryan.