In-depth

Nasib Lini Tengah AC Milan Usai Ditinggal Sandro Tonali, Keropos dan Tak Bernyawa Lagi

Sabtu, 24 Juni 2023 16:54 WIB
Editor: Juni Adi
© Reuters/Daniele Mascolo
Sandro Tonali saat laga Liga Champions antara AC Milan vs Dinamo Zagreb Copyright: © Reuters/Daniele Mascolo
Sandro Tonali saat laga Liga Champions antara AC Milan vs Dinamo Zagreb

INDOSPORT.COM - Sandro Tonali resmi meninggalkan klub Liga Italia (Serie A), AC Milan dan berlabuh ke Newcastle United. Mengejutkan karena sang pemain merupakan pilar penting di lini tengah mereka.

Teka-teki masa depan Sandro Tonali di AC Milan akhirnya terjawab sudah. Sang pemain dipastikan hengkang menuju Newcastle United pada bursa transfer musim panas ini.

Rossoneri sepakat menjual Sandro Tonali ke Newcastle United dengan biaya mencapai 70 juta euro (Rp1,14 triliun) plus adds on. Ia dikontrak dengan durasi enam tahun.

Harga tersebut merupakan sebuah rekor bagi seorang pemain Italia. Sebelumnya ada Jorginho yang diboyong oleh Chelsea seharga 57 juta euro (Rp933 miliar).

Menurut pakar transfer Eropa, Fabrizio Romano, Tonali bakal menerima gaji 8 juta euro per musim plus 2 juta euro dalam bonus.

Saat ini sang pemain telah merampungkan tes medis di Newcastle United. Gelandang berusia 23 tahun itu diboyong oleh AC Milan dari Brescia pada musim panas 2020 lalu.

Mulanya AC Milan meminjam satu musim, statusnya kemudian dipermanenkan dengan biaya 27 juta euro. 

Total ia telah dimemainkan 130 pertandingan untuk AC Milan dengan mencetak 7 gol dan 13 assist di semua ajang dalam tiga musim di San Siro.

Agen Tonali, Beppe Riso, mengatakan kalau transfer Tonali akan memberikan keuntungan besar buat Milan. Mantan klubnya Brescia juga dikatakan bakal mendapat persentase dari mega transfer ini.

Meski mendatangkan keuntungan secara material, kepergian Sandro Tonali dari AC Milan juga bakal menghadirkan kerugian bagi permainan tim. Sebab pelatih Stefano Pioli kehilangan gelandang andalannya.