In-depth

Profil Joachim Low, Mantan Pelatih yang Tak Hebat Lagi Calon Dirtek Timnas Indonesia

Sabtu, 24 Juni 2023 15:40 WIB
Editor: Juni Adi
© Getty Images
Pelatih Jerman Joachim Low. Copyright: © Getty Images
Pelatih Jerman Joachim Low.

INDOSPORT.COM - Mantan pelatih timnas Jerman, Joachim Low dikabarkan akan segera menjadi Direktur Teknik PSSI yang baru menggatikan Indra Sjafri untuk Timnas Indonesia. Berikut profilnya:

Selepas peninggalan Indra Sjafri, jabatan Direktur Teknik di tubuh PSSI untuk timnas Indonesia masih lowong. Mantan pelatih Bali United itu meninggalkan jabatannya, untuk menjadi juru taktik timnas Indonesia U-23.

Kiprah kembalinya Indra Sjafri menangangi tim dimulai dari ajang SEA Games 2023 Kamboja. Tim racikannya menuai hasil manis, dengan berhasil membawa pulang medali emas setelah menanti 32 tahun lama.

Terakhir kali timnas Indonesia meraih medali emas di ajang SEA Games terjadi pada tahun 1991 lalu di Filipina. Kinerja bagus itu membuat Indra Sjafri diperpanjang, untuk menangani timnas U-23 di beberapa turnamen.

Kini PSSI disibukkan dengan mencari Dirtek baru. Sejumlah nama top sempat muncul mulai dari Akira Nishino mantan pelatih timnas Jepang, hingga kini mengerucut jadi satu nama Joachim Low.

Hal itu diketahui setalah ketua umum PSSI, Erick Thohir,  memastikan bahwa Dirtek PSSI yang baru berasal dari Jerman dan bekerjasama dengan DFB (PSSI-nya Jerman).

"Kita pilih Jerman karena memang kemarin kita baru saja melakukan bilateral meeting dengan Jerman saat perjalanan saya dengan bapak Presiden. 

"Kami melihat ini potensi karena banyak sekali pemain Asia itu bermain di Liga Jerman," ucapnya.

Berikut profil Joachim Low, mantan pelatih timnas Jerman yang dirumorkan menjadi Direktur Teknik PSSI baru untuk Timnas Indonesia.