In-depth

Bak Simbiosis Mutualisme, Analisa Efek Kedatangan Messi ke Inter Miami dan MLS

Senin, 26 Juni 2023 17:17 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Jagat sepak bola di bursa transfer musim panas 2023 dihebohkan dengan keputusan Lionel Messi bergabung Inter Miami di Major League Soccer (MLS). Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Jagat sepak bola di bursa transfer musim panas 2023 dihebohkan dengan keputusan Lionel Messi bergabung Inter Miami di Major League Soccer (MLS).

INDOSPORT.COM – Jagat sepak bola di bursa transfer musim panas 2023 dihebohkan dengan keputusan Lionel Messi bergabung Inter Miami di Major League Soccer (MLS).

Kepindahan megabintang asal Argentina itu ke Amerika Serikat terjadi tepat setelah musim 2022/23 berakhir.

Di awal bulan Juni, Messi memutuskan tak memperpanjang kontraknya bersama Paris Saint-Germain yang habis pada 30 Juni 2023.

Sejak keputusannya itu, banyak klub mencoba mendekatinya seperti Al Hilal dari Arab Saudi maupun mantan klubnya, yakni Barcelona.

Bahkan Al Hilal berani memberi penawaran bayaran 400 juta euro (Rp6,5 triliun) per tahunnya agar dirinya bergabung serta Barcelona yang menawarkan gaji rendah demi sebuah nostalgia.

Namun Lionel Messi menolak semua opsi yang ada dan memilih meneruskan kariernya di Amerika Serikat dengan bergabung Inter Miami.

Salah satu alasan pemain berjuluk La Pulga itu bergabung Inter Miami karena dirinya ingin menikmati hidupnya jauh dari sorotan.

Apalagi Messi mengklaim dirinya telah memenangkan semua ajang yang bisa diraihnya, sehingga tak ada lagi alasannya meneruskan ambisinya di lapangan hijau.

Terlepas dari alasan tersebut, kepindahan Messi ke Inter Miami ini menghadirkan banyak keuntungan bagi kedua pihak bak simbiosis mutualisme dalam bahasa biologi.

Keuntungan apa saja yang didapat oleh pihak Lionel Messi dan Inter Miami atau secara keseluruhan bagi Major League Soccer (MLS)?