In-depth

Dari Lulinha hingga Batata, Jebolan Piala Dunia U-17 yang Merumput di Liga 1

Senin, 26 Juni 2023 15:42 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© MO Madura United
Terdapat fakta menarik dari penyelenggaraan Piala Dunia U-17, di mana banyak jebolannya yang pernah atau tengah merumput di kompetisi Indonesia atau Liga 1. Copyright: © MO Madura United
Terdapat fakta menarik dari penyelenggaraan Piala Dunia U-17, di mana banyak jebolannya yang pernah atau tengah merumput di kompetisi Indonesia atau Liga 1.

INDOSPORT.COM – Terdapat fakta menarik dari penyelenggaraan Piala Dunia U-17, di mana banyak jebolannya yang pernah atau tengah merumput di kompetisi Indonesia atau Liga 1.

Gegap gempita Piala Dunia U-17 tengah terasa di sepak bola Tanah Air, menyusul ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan.

FIFA selaku induk sepak bola dunia sekaligus penggagas ajang ini, resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan pada Jumat (23/6) malam WIB.

Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 untuk menggantikan Peru statusnya sebagai tuan rumah dicabut pada April 2023 lalu.

Diketahui, status tuan rumah yang dimiliki Peru dicabut oleh FIFA dikarenakan ketidaksiapannya perihal infrastruktur untuk ajang tersebut.

FIFA pun kemudian menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, karena dianggap telah siap secara infrastruktur saat hendak menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Sekadar informasi, Indonesia memang melakukan perbaikan di banyak sektor, terutama stadion, untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023 medio Mei 2023 lalu.

Tapi pada April 2023, FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah karena soal keamanan, terutama adanya gelombang protes akan kehadiran Israel.

Tak ayal, Piala Dunia U-17 2023 pun akan menjadi obat pelipur lara bagi Indonesia setelah gagal menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Berbicara soal Piala Dunia U-17, ternyata ada fakta menarik yang berkaitan dengan Indonesia, di mana banyak jebolan ajang tersebut pernah atau tengah merumput di Liga 1. Siapa saja para alumni ajang tersebut?