Liga Indonesia

Jadi Tim Musafir, Arema FC Curhat Jadi Tim Paling Tak Ideal di Liga 1

Rabu, 28 Juni 2023 19:50 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
© MO Arema FC
Arema FC menjalani latihan di Yogyakarta. (Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
Arema FC menjalani latihan di Yogyakarta. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Arema FC dipastikan akan kembali menjadi tim musafir saat mengarungi rangkaian jadwal kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2023/2024 mendatang.

Belum terwujudnya renovasi di Stadion Gajayana, membuat klub berlogo kepala singa mau tidak mau harus menentukan home base atau markasnya di luar Malang.

Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali lantas dipilih Arema FC sebagai home base untuk menggelar jadwal home (kandang) musim ini. 

Tentu ada beberapa alasan perihal penetapan home base itu. Tak cuma fasilitas venue yang sangat memadai, tapi juga kultur, transportasi dan akomodasi juga jadi poin.

Terlepas dari itu, bermain di luar Malang jelas bukan sesuatu yang diinginkan Arema FC. Maka tak heran, jika situasi ini disebut tak ideal.

"Kami harus melihat secara fair. Bahwa situasi yang dialami tim ini sedang tidak ideal," Pelatih Arema FC, Joko Susilo menerangkan.

"Makanya, kami juga mesti mempersiapkan tim, baik pemain, pelatih dan lainnya, dengan cara yang tidak normal juga," sambung dia.

Di Bali nanti, Arema FC masih harus pulang pergi lantaran jadwal laga yang menerapkan home away di setiap pekan. Nyaris tak ada jadwal away atau home beruntun lagi.

Contohnya, Arema FC akan away lebih dulu ke Tangerang melawan Dewa United pada pekan ke-1, Minggu (02/07/23). Lalu home menjamu Persib Bandung di Bali Kamis (07/07/23).

"Kalau jadwal sebenarnya tidak masalah, normal bertanding Jumat, Sabtu dan Minggu. Yang tidak ideal memang (kondisi) Arema," tandas Joko Susilo.