Liga Indonesia

Diseleksi Legenda Chelsea, 13 Pemain Muda Ini Berpeluang Ikut Garuda Select VI

Sabtu, 1 Juli 2023 16:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Instagram @ligatopskor
Direktur Program Garuda Select, Dennis Wise sedang melakukan seleksi pemain di Liga TopSkor 2022. Copyright: © Instagram @ligatopskor
Direktur Program Garuda Select, Dennis Wise sedang melakukan seleksi pemain di Liga TopSkor 2022.

INDOSPORT.COM - Seleksi Garuda Select IV yang digelar Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) di Gresik, Jawa Timur, pada 11-12 Juni 2023 lalu berjalan sukses.  Dari 240 pemain dari seluruh Indonesia yang ikut serta, terpilih 13 pemain. 

Proses seleksi tersebut dipantau langsung legenda Chelsea, Dennis Wise yang juga merupakan Direktur Sepak bola Garuda Select. Dia memilih 13 pemain berbakat, termasuk satu dari akademi Persebaya Surabaya U-16. 

Nantinya 13 pemain binaan BLiSPI yang lolos itu akan mengikuti Seleksi Nasional Garuda Select jilid VI 2023 yang akan dilaksanakan di Jakarta pada 5-6 Juli mendatang.   

Sekretaris Jenderal BLiSPI, Yessi Yunita sangat bangga karena pihaknya dapat mengantarkan 13 pemainnya lolos ke Seleksi Nasional Garuda Select jilid VI 2023. Jumlah tersebut cukup banyak. 

"Artinya fungsi BLiSPI sebagai jembatan dan pintu masuk anak-anak Indonesia menjadi bagian dari Garuda Select telah terwujud dan berhasil dengan mengantarkan 13 anak mengikuti seleksi nasional di Jakarta," ujarnya, Sabtu (01/07/23).

Dikatakan Yessi, Garuda Select adalah program pelatihan sepak bola yang sudah terbukti kualitasnya. Banyak jebolan program tersebut yang membela Timnas Indonesia seperti Hokky Caraka, Bagus Kahfi, Bagas Kaffa dan masih banyak lainnya. 

"Kita harapkan semoga ke-13 anak ini ada yang terpilih menjadi skuad Timnas Indonesia Garuda Select jilid VI 2023," tambahnya. 

Meski bersyukur, Yessi Yunita mengatakan capaian ini tak lantas membuat BLiSPI berpuas diri. BLiSPI akan terus bergerak maju untuk membangun pembinaan sepak bola usia dini.

BLiSPI akan terus menggali potensi pemain muda di daerah yang masih belum mempunyai kesempatan dipantau di level nasional, terutama peluang bergabung dalam program Garuda Select.

"Insya Allah tahun depan kita tetap eksis untuk menyeleksi anak-anak di 34 provinsi untuk Garuda Select," ujar Yessi.

"Selamat kepada pengurus BLiSPI provinsi yang pemainnya berhasil lolos ke seleksi nasional Garuda Select. Semoga tahun depan akan muncul lebih banyak potensi-potensi pemain usia muda di Garuda Select," harapnya.