Bursa Transfer

Alasan Klub Arab Cuma Berburu Daun Alot, Ternyata Pernah Ditolak Takefusa Kubo

Minggu, 2 Juli 2023 14:11 WIB
Penulis: Martini | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Takefusa Kubo asal Jepang (biru). Pemain Real Sociedad itu baru saja menolak tawaran Al-Hilal untuk main di Liga Arab Saudi. Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images Copyright: © Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Takefusa Kubo asal Jepang (biru). Pemain Real Sociedad itu baru saja menolak tawaran Al-Hilal untuk main di Liga Arab Saudi. Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images

INDOSPORT.COM - Alasan klub Liga Arab Saudi cuma berburu pemain tua atau daun alot, ternyata pemain muda belum tertarik meninggalkan Eropa, seperti Takefusa Kubo.

Setelah sukses mendaratkan sang mega bintang Cristiano Ronaldo (38 tahun) di Al-Nassr, klub Liga Arab Saudi kini mulai berlomba-lomba merekrut bintang Eropa.

Striker gacor Real Madrid, Karim Benzema (35 tahun) resmi merapat ke Al-Ittihad pada musim 2023, dengan gaji 171,5 juta pounds atau sekitar Rp 3,1 triliun per musim.

Selain Benzema, Al-Ittihad juga merekrut gelandang ikonik Chelsea, N'Golo Kante (32 tahun). Pemain Prancis itu dikontrak hingga 2027, dan mendapat gaji 21 juta pounds per musim.

Masih dari Chelsea, Al Ahli ikut 'latah' dalam mendatangkan pemain dari Eropa, Edouard Mendy (31 tahun). Kiper timnas Senegal itu diikat dengan kontrak 3 tahun oleh Al Ahli.

Kompatriot Mendy di Chelsea, Kalidou Koulibaly juga menyeberang ke Al-Hilal. Pemain 32 tahun itu diikat kontrak tiga tahun, dan digaji 200 ribu pound atau sekitar Rp 3,8 miliar.

Jika diamati, lima pemain tersebut sudah berusia lebih dari 30 tahun, di mana untuk seorang pemain bola sudah lewat masa-masa keemasannya, hingga kerap dijuluki daun alot.

Satu-satunya pemain muda Eropa yang diboyong ke Liga Arab Saudi adalah Ruben Neves, pemain berusia 26 tahun yang resmi berlabuh ke Al-Hilal di bursa transfer musim panas.

Arab Saudi bukannya tidak berupaya menggaet pemain muda. Beberapa waktu lalu, Al-Hilal sudah mengirimkan tawaran pada pemain Jepang, Takefusa Kubo.

Hanya saja, respon pemain berusia 22 tahun itu kurang baik. Takefusa Kubo yang musim lalu bermain untuk Real Sociedad itu telah terang-terangan menolak tawaran Al-Hilal.