Liga Inggris

Saga Penjualan Manchester United Tak Kunjung Rampung, Liverpool Kena Getahnya

Selasa, 4 Juli 2023 20:50 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
© Reuters/Andrew Boyers
Klub Liga Inggris, Liverpool, turut terkena dampak akibat berlarutnya saga penjualan Manchester United. Copyright: © Reuters/Andrew Boyers
Klub Liga Inggris, Liverpool, turut terkena dampak akibat berlarutnya saga penjualan Manchester United.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, turut terkena dampak akibat berlarutnya saga penjualan Manchester United.

Saga penjualan Manchester United telah berlangsung selama sembilan bulan, terhitung sejak keluarga Glazer membuka penawaran pada November tahun lalu.

Dua kandidat terkuat, Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliffe, kini tengah bersaing memperebutkan kepemilikan klub 20 kali juara Liga Inggris tersebut.

Keduanya pun datang dengan penawaran berbeda. Sheikh Jassim melayangkan proposal untuk mengambil alih 100 persen kepemilikan klub dari keluarga Glazer, sedangkan Sir Jim Ratcliffe menawarkan pembelian 60 persen saham.

Perbedaan penawaran ini dilaporkan membuat kubu Glazer terpecah. Di satu sisi, ada yang mendukung Sheikh Jassim, sedangkan sisanya mendukung Sir Jim Ratcliffe.

Ruwetnya drama pembelian klub ini bahkan sempat membuat legenda Setan Merah, Rio Ferdinand, angkat bicara.

"Saya rasa pihak Qatar sudah melaju ke titik terjauh yang mereka bisa," ucap Rio Ferdinand di kanal YouTube miliknya, seperti diwartakan Mirror.

"Ini akan jadi tawaran terakhir mereka. Situasinya seperti iya atau tidak sama sekali," tambahnya soal opsi take it or leave it yang mungkin diusung Sheikh Jassim saat ini.

Dari kubu suporter, situasi ini tentu membuat jengah. Mereka bahkan sempat menginisiasi gelombang protes yang menuntut keluarga Glazer untuk segera menyudahi ketidakpastian ini.

Namun, yang dirugikan dengan alotnya drama pembelian klub ini ternyata bukan hanya Manchester United. Sang rival abadi Liverpool, dikabarkan juga terkena getahnya.