Liga 1

Tancap Gas, Madura United Angkut Kiper Berlabel Juara Liga 1 Wawan Hendrawan

Jumat, 7 Juli 2023 09:21 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© baliutd.com
Kiper gaek Wawan Hendrawan saat masih berseragam Bali United. Copyright: © baliutd.com
Kiper gaek Wawan Hendrawan saat masih berseragam Bali United.

INDOSPORT.COM - Madura United melengkapi komposisi pemain di pos kiper menjelang agenda terdekat menjamu Persik Kediri dalam laga pekan ke-2 Liga 1 Indonesia 2023-2024, Minggu (8/7/23).

Sebelumnya, Madura United baru diperkuat tiga kiper pada musim 2023/24, antara lain dua kiper muda, Fawaid Ansory dan Karisma Ramadhani, plus memanggil pulang kiper utamanya periode 2018-2020, Satria Tama.

Klub memutuskan untuk merombak komposisi kiper musim ini serta melepas tiga nama sekaligus, yakni Rendy Oscario, Fakhrurrazi Quba, dan Miswar Saputra.

Belakangan, Madura United melengkapi komposisi kiper musim ini dengan mendatangkan Wawan Hendrawan. Seorang kiper berpengalaman pemilik dua gelar juara Liga 1 bersama Bali United (2019 dan 2021/22).

"Sebelum laga home perdana, Madura United kedatangan satu pemain posisi kiper, Wawan Hendrawan," ungkap Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu, Annisa Zhafarina, Kamis (6/7/23).

Alhasil, komposisi kiper klub kebanggaan masyarakat di Pulau Garam itu telah komplet. Yaitu Wawan Hendrawan, Satria Tama, Fawaid Ansory, dan Karisma Ramadhani.

Status Wawan sendiri memang berstatus tanpa klub pasca merampungkan kontraknya di Rans Nusantara FC pada pengujung Liga 1 2022-2023.

"Pemain yang pernah memperkuat Bali United dan Rans FC sepakat untuk melanjutkan kariernya bersama Laskar Sape Kerrab musim ini. Pos kiper kami sudah lengkap. Semoga Wawan bisa berkontribusi maksimal," tambah Annisa.

Keputusan Madura United mendatangkan kiper sekelas Wawan Hendrawan memang masuk akal. Dari segi usia jelas termasuk gaek (40 tahun), namun mereka menilai kualitasnya masih teruji baik.

Setidaknya, Spider-Wan sudah membuktikan bisa bersaing sebagai starter musim lalu. Dia tampil dalam 15 pertandingan Rans Nusantara FC di Liga 1.

Pengalamannya sebagai pemenang Liga 1 dua periode selama membela Bali United menjadi keuntungan lain bagi Madura United. Dia bisa mementori dua kiper muda yang dipersiapkan untuk masa depan.

Tak hanya berpengalaman di kompetisi domestik, Wawan Hendrawan juga memegang jam terbang tinggi di level pertandingan internasional.

Seperti ketika membela timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar lalu. Wawan tercatat dua kali tampil melawan Uni Emirat Arab dan Vietnam, Oktober 2019.

Sementara pengalaman internasional lain adalah saat membela Bali United berlaga di babak kualifikasi Liga Champions Asia, maupun AFC Cup.

Selama dua dekade berkarier sebagai pesepak bola profesional, Wawan telah membela 12 klub berbeda sejak debut di Persibas Banyumas 2003 silam.

Periode paling sukses tentu adalah saat membela Bali United selama lima musim sejak 2017. Wawan Hendrawan memenangi trofi Liga 1 2019 dan 2021-2022.