In-depth

Tobias Schweinsteiger, Kakak Legenda Bayern Munchen yang Terlupakan

Minggu, 9 Juli 2023 19:18 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© instagram/bastianschweinsteiger
Bastian dan Tobias Schweinsteiger (kanan). Foto: instagram/bastianschweinsteiger. Copyright: © instagram/bastianschweinsteiger
Bastian dan Tobias Schweinsteiger (kanan). Foto: instagram/bastianschweinsteiger.

INDOSPORT.COM - Mengenal sosok Tobias Schweinsteiger, kakak legenda Bayern Munchen sekaligus mantan pemain yang sempat terlupakan dari sepak bola.

Ya, mendengar nama belakangnya saja orang-orang sudah bisa menebak saudara laki-laki siapa ini.

Benar sekali, ia adalah saudara Bastian Schweinsteiger, salah satu tokoh yang pernah berjaya bersama Bayern Munchen dan Timnas Jerman.

Di dunia si kulit bundar, sudah bukan rahasia lagi kalau ada banyak pasangan ayah-anak dan kakak-adik pesepak bola yang mengalami beda nasib dalam karier mereka.

Begitu pula Schweinsteiger bersaudara. Sayangnya, Tobias memang tidak memiliki nama besar seperti sang adik.

Tobias Schweinsteiger lahir di Rosenheim pada 12 Maret 1982 dan berselisih dua tahun lebih tua dari Bastian (1 Agustus 1984).

Ia mengawali karier dari klub di kampung halamannya sebelum merumput ke luar negeri, tepatnya Austria.

Setelah bermain di klub Austria, FC Kufstein, Tobias Schweinsteiger melanjutkan kariernya di sejumlah tim amatir di Jerman.

Barulah pada 2002, ia mulai menapaki jenjang karier di level senior dengan merapat ke klub bernama Falke Markt Schwaben.

Hanya saja, sepak terjang sosok yang dulu bermain sebagai gelandang maupun pemain depan ini tidak pernah mentereng sebelum menginjakkan kaki di Bayern Munchen.