In-depth

Kisah Mario Kempes, Bawa Argentina Juara Piala Dunia Putuskan Akhiri Karier di Indonesia

Senin, 19 Juni 2023 17:49 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kisah Mario Kempes, Bawa Argentina Juara Piala Dunia Putuskan Akhiri Karier di Liga Indonesia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kisah Mario Kempes, Bawa Argentina Juara Piala Dunia Putuskan Akhiri Karier di Liga Indonesia.

INDOSPORT.COM - Jelang Timnas Indonesia vs Argentina di FIFA Matchday, ada kisah menarik mengenai legenda Tim Tango bernama Mario Kempes yang pernah berkarier di Tanah Air.

Sama seperti Lionel Messi, Mario Kempes pernah membawa Argentina meraih gelar juara Piala Dunia 1978 silam. Ia bahkan sempat menyabet gelar top skor pada tahun tersebut.

Piala Dunia 1978 silam  dikenal sebagai salah satu yang paling kontroversial sepanjang sejarah. Pada era tersebut, isu pengaturan skor, politik hingga HAM begitu menggema.

Terlepas dari hal tersebut, Mario Kempes menjadi sosok yang berhasil membawa Argentina meriah juara piala dunia untuk kali pertama dalam sejarah.

Kala itu usianya masih menginjak 24 tahun. Meski tergolong masih muda, ia mampu tampil subur sebagai striker di ajang sekelas Piala Dunia.

Mario Kempes tercatat mencetak total enam gol dan membawa Argentina yang saat itu menjadi tuan rumah mengangkat trofi seusai laga final.

Penampilan heroiknya terjadi ketika Argentina bersua Belanda di pertandingan final Piala Dunia 1978. Kala itu, ia yang masih memperkuat Valencia sukses mencetak dua gol dan membuat Belanda kalah 1-3.

Mario Kempes memiliki nama lengkap Mario Alberto Kempes Chiodi. Ia lahir di Bell Ville, Cordoba, Argentina, pada 15 Juli 1954 silam.

Setelah membawa Argentina juara Piala Dunia 1978, Mario Kempes berpindah-pindah klub hingga akhirnya memutuskan ke Liga Indonesia. Berikut INDOSPORT telah merangkum kisah sang legenda: