Bola Internasional

Wejangan Eks Persib Asal Jepang, Shohei Matsunaga untuk Pratama Arhan

Minggu, 9 Juli 2023 16:29 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Pesepakbola Jepang yang pernag berseragam Persib Bandung, Shohei Matsunaga. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Pesepakbola Jepang yang pernag berseragam Persib Bandung, Shohei Matsunaga.

INDOSPORT.COM - Pesepakbola Jepang, Shohei Matsunaga menilai bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan bisa sukses di Liga Jepang. Tapi, ada hal yang harus ditingkatkan oleh Arhan. 

Shohei mengatakan sempat bertemu Pratama Arhan pekan lalu sebelum dia datang ke Indonesia. Keduanya membicarakan banyak hal, termasuk soal sepak bola. 

Pratama Arhan memang berada di Negeri Sakura karena bermain untuk klub Liga 2 Jepang, Tokyo Verdy. Dia direkrut sejak Februari 2022 lalu. 

Shohei menilai Arhan adalah pemain berbakat. Tapi untuk capai atau tembus skuad utama Tokyo Verdy, eks PSIS Semarang itu harus bersabar dan membuktikan kualitasnya di latihan supaya dilirik pelatih. 

Salah satu wejangan penting Shohei ke Arhan adalah penting komunikasi. Pemain 21 tahun itu harus sedikit demi sedikit belajar kosa kata bahasa Jepang, minimal soal sepak bola dan percakapan sederhana. 

"Arhan saya sempat ketemu minggu lalu sebelum saya datang ke Indonesia," buka Shohei. 

"Dia step by step latihan juga nanti bisa sukses. Memang tidak mudah, tapi harus bersabar dan step by step supaya bisa sukses karena kualitasnya dia juga bagus," imbuhnya. 

"Komunikasi saja pentingnya. Harus sedikit mulai belajar bahasa Jepang. Tapi keseluruhan saya jarang lihat pertandingannya, jadi susah menjelaskannya," tambah eks Persib Bandung itu.