Liga 1

Eks Persib, Shohei Matsunaga Tantang 8 Pemain Jepang Lewati Rekornya di Liga Indonesia

Selasa, 11 Juli 2023 13:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Eks pemain Persib Bandung, Shohei Matsunaga mengaku senang dengan banyaknya pemain Jepang yang bermain di Liga 1. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Eks pemain Persib Bandung, Shohei Matsunaga mengaku senang dengan banyaknya pemain Jepang yang bermain di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Eks pemain Persib Bandung, Shohei Matsunaga mengaku senang dengan banyaknya pemain Jepang yang bermain di Liga 1.

Dia pun menantang para juniornya untuk melewati rekornya sebagai bintang asal Negeri Sakura tersukses di Tanah Air.

Seperti diketahui, pemain Jepang belakangan jadi pilihan klub Liga 1 karena etos kerja dan kualitas mumpuni. Tercatat ada delapan nama yang beraksi di klub papan atas.

Mereka adalah Kei Hirose (Borneo FC), Ryo Matsumura (Persija Jakarta), Taisei Marukawa (PSIS Semarang), Sho Yamamoto (Persebaya Surabaya), Kenzo Nambu (PSM Makassar), Mitsuru Maruoka (RANS Nusantara FC), Kei Sano (PSS Sleman) dan Kaishu Yamazaki (Persikabo 1973).

Invasi pemain Jepang dimulai setelah Marukawa tampil apik bersama Persebaya pada musim 2021 lalu. Ketika itu dia cetak 17 gol dari 32 penampilan dan dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Menurut Shohei Matsunaga, para pemain Jepang itu harus membuktikan kualitasnya. Bila perlu harus melewati capaiannya yang bermain sembilan tahun di Indonesia.

"Kemarin juga cetak gol dan assist kan pemain PSIS (Taisei Marukawa) dan Persija (Ryo Matsumura). Saya sangat bangga karena sekarang di Indonesia sangat banyak pemain Jepang," buka Shohei.

"Tapi yang penting, mereka harus bertahan harus bisa lewati saya, yang sembilan tahun di Indonesia. Kalau lewati itu, saya lebih senang," imbuhnya.

Disampaikan pemain 34 tahun itu, para juniornya juga sempat bertanya sebelum memutuskan bermain di Indonesia. Shohei pun memberikan informasi jika kompetisi Tanah Air patut dicoba.

"Mereka ada tanya ke saya juga soal sebelum main di sini," tambah pria yang juga sempat mengenyam pendidikan di akademi Schalke 04 tersebut.

Shohei Matsunaga mengawali karirnya di Liga Indonesia pada 2011 lalu. Saat itu, dia didatangkan Persib Bandung, setelah sebelumnya membela klub Liga 2 Jepang, Ehime FC.

Setelah itu, ia pindah ke sejumlah klub seperti Persiba Balikpapan, PSMS Medan, PSIS Semarang, Persela Lamongan dan Gresik United.

Shohei mengakhiri karirnya di Liga Indonesia pada 2019. Ketika itu, dia membela PSIS Semarang dengan hanya bermain di diputaran pertama Liga 1.

Selama bermain di Indonesia, pemain bertinggi 174 cm itu memainkan 201 pertandingan dengan catatan 53 gol.

Shohei Matsunaga menyatakan gantung sepatu alias pensiun pada 2020 lalu. Ketika itu, dia baru berusia 32 tahun.

Tapi, berdasarkan catatan Transfermarkt, dia tercatat sebagai pemain klub amatir atau kasta keenam Liga Jepang, Bombonera Gifu. Shohei tercatat bergabung bersama mereka sejak 9 Juni 2023.

Saat ini, Shohei Matsunaga menjadi ambassador untuk ACA Football Partners. Sebuah perusahaan asal Singapura yang fokus pada bisnis sepak bola.

Menariknya, perusahaan itu juga bekerja sama dengan klub Liga 2 Belgia, KMSK Deinze yang menanungi pemain Timnas Indonesia yaitu Marselino Ferdinan yang pada awalnya meniti karier di Liga 1 bersama Persebaya Surabaya.