In-depth

5 Pemain yang Buat PSIS Semarang Tak Khawatir Pinjamkan Rifky Suryawan

Rabu, 12 Juli 2023 17:32 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Instagram@psisfcofficial
Pemain PSIS Semarang, Gali Freitas di laga Liga 1. (Foto: Instagram@psisfcofficial) Copyright: © Instagram@psisfcofficial
Pemain PSIS Semarang, Gali Freitas di laga Liga 1. (Foto: Instagram@psisfcofficial)

INDOSPORT.COM - Keputusan PSIS Semarang meminjamkan Rifky Suryawan ke klub lain bukan sebuah kejutan. PSIS punya stok mumpuni untuk mengisi sektor sayap kanan dan kiri.

Rifky menjadi nama kedua yang tak masuk skuat utama PSIS saat Liga 1 2023-2024 baru berjalan dua laga. Rifky menyusul bek kanan asal Papua, David Rumakiek.

Bedanya, jika David diputus kontrak karena permasalahan pribadi, Rifky bakal membela klub lain dengan status pinjaman. Rifky bisa ditarik kapanpun ketika PSIS membutuhkan jasanya.

"Kami akan meminjamkan Rifky Suryawan ke salah satu klub Liga 2. Alasannya tentu terkait teknis dan itu sudah melalui diskusi antara tim pelatih dan manajemen. Selain itu di posisi Rifky saat ini juga sudah memiliki banyak winger," kata Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi.

PSIS memang punya segudang nama untuk mengisi pos sektor sayap kanan dan kiri. INDOSPORT.com merangkum lima nama yang menjadi andalan PSIS pada Liga 1 2023-2024.

1. Vitinho

Vitinho merupakan pesaing terberat Rifky Suryawan andai ditempatkan sebagai gelandang sayap kanan. Dalam dua partai awal Liga 1 2023-2024, Vitinho selalu bermain dari menit pertama.

Berdasarkan catatan statistik di laman PT Liga Indonesia Baru (LIB), Vitinho melepaskan 21 umpan dengan 13 di antaranya tepat sasaran. Kemudian, Vitinho mencatatkan satu tembakan ke arah gawang lawan dari dua percobaan.

Agresivitas Vitinho membuat sektor kanan PSIS cukup nyaman ketika Rifky dipinjamkan ke klub lain. Vitinho masih punya kans memperbaiki performa dalam 32 partai tersisa musim ini.

2. Paulo Gali Freitas

Yang membuat sektor sayap kanan semakin sulit direbut Rifky adalah keberadaan Gali Freitas. Bomber Timnas Timor Leste ini merupakan pemain asing yang diharapkan bisa mengangkat performa tim Mahesa Jenar.

Dalam dua partai awal Liga 1 2023-2024, Gali Freitas selalu masuk pada babak kedua menggantikan tugas Vitinho. Statistiknya cukup menjanjikan. Dia melepaskan satu tembakan yang berbuah gol untuk PSIS.

Gali juga melepaskan 16 umpan dengan 11 diantaranya tepat sasaran. Gali membuat PSIS masih cukup nyaman andai Vitinho belum berada pada top perform.

3. Taisei Marukawa

Tak berbeda dengan sayap kanan, sektor sayap kiri lebih kompetitif lagi. Marukawa merupakan nama terdepan yang menjadi pilihan Gilbert Agius di sayap kiri.

Marukawa memiliki segala kemampuan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas serangan. Marukawa memiliki dribble, umpan dan pemahaman strategi yang sama baiknya.

Dalam dua partai awal, Marukawa melepaskan 37 umpan dengan 26 di antaranya tepat sasaran. Ada dua umpan yang sukses membantu Gali Freitas dan Carlos Fortes mencetak gol ke gawang Bhayangkara FC.

4. Riyan Ardiansyah

Riyan tampil ganas dalam dua musim terakhir. Riyan punya kecepatan dan akurasi umpan yang matang untuk membantu penyerangan dari sektor sayap kiri.

Catatan lima gol pada Liga 1 2022-2023 juga membuktikan bahwa insting gol Riyan tak bisa disepelekan. Maka, ketika Marukawa menemui kebuntuan, Riyan bisa menjadi opsi pengganti yang tepat.

Dalam dua partai awal Liga 1, Riyan baru bermain 35 menit pada laga melawan Persita Tangerang. PSIS tinggal menanti ledakan yang akan dibuat Riyan, seperti halnya saat mencetak hattrick ke gawang Persikabo 1973 musim lalu.

5. Wawan Febriyanto

Sektor sayap PSIS tetap luar biasa ketika Rifky Suryawan dipinjamkan ke klub lain. Selain Vitinho, Gali, Marukawa dan Riyan, masih ada Wawan Febriyanto.

Wawan merupakan salah satu pemain dengan menit bermain tinggi di PSIS pada Liga 1 2022-2023. Ia bermain dalam 28 pertandingan dengan mencetak tiga gol.

Wawan merupakan opsi perubahan strategi ketika Carlos Fortes mulai kelelahan. Dalam dua partai awal, Wawan masuk menggantikan Fortes. Wawan bisa bermain di posisi sayap ataupun berada di tengah sebagai false nine.