Liga 1

2 Pemainnya Disanksi AFC saat Bela Timnas U-22, Begini Respons Bijak Bos Borneo FC

Kamis, 13 Juli 2023 13:59 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bos Borneo FC Nabil Husein pada Kongres Biasa PSSI 2023 di Hotel Incontinental, Jakarta, Minggu (28/05/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bos Borneo FC Nabil Husein pada Kongres Biasa PSSI 2023 di Hotel Incontinental, Jakarta, Minggu (28/05/23).

INDOSPORT.COM - Presiden Borneo FC, Nabil Husein memberikan respons bijak ketika mengetahui dua pemain timnya, Komang Teguh dan Muhammad Taufany disanksi AFC terkait keributan di final SEA Games 2023 lalu di Kamboja.

Seperti diketahui, final SEA Games 2023 mempertemukan Timnas Indonesia U-22 vs Thailand. Skuad Garuda Muda berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 5-2.

Tapi, ada insiden memalukan yang terjadi diakhir babak kedua, dimana ada kericuhan antar kedua kubu. Beberapa pemain dan official kedua negara tertangkap kamera melakukan provokasi hingga tindakan kekerasan.

Akibatnya, AFC lantas memberikan sanksi dan denda para sejumlah nama dari kedua negara. Pemain Timnas U-22, Komang Teguh dan Titan Agung bersama dua staf yakni Sahari Gultom dan Tegar Diokta Andia dihukum skorsing 6 laga dan denda sebesar 1.000 juta euro (setara dengan Rp14,9 juta).

Lalu, Taufany Muslihuddin dan dua staf yakni Ahmad N serta Muhni T diskorsing enam laga.

Menanggapi hal itu, Nabil Husein selaku pemilik klub yang menaungi Komang dan Taufany menyampaikan kedua anak buahnya harus mengambil pelajaran dan tak mengulang kesalahan yang sama. 

Dikatakan Nabil, tensi dan emosi dalam pertandingan final tentu menguji mental para pemain. Sayangnya, Komang dan Taufany belum bisa mengontrolnya ketika itu. 

"Pesan saya pribadi, semoga segala sesuatu bisa jadi pelajaran berharga. Apapun yang sudah di perbuat harus bisa diterima hasilnya," kata Nabil soal sanksi AFC.

"Saya berharap tetap semangat buat Taufany dan Komang. Mereka masih muda, perjalanan mereka masih panjang," imbuhnya ke INDOSPORT.com.

Komang Teguh dan Taufany memang jadi bagian penting Timnas U-22 saat meraih medali emas SEA Games 2023. Keduanya membantu Indonesia naik podium pertama, setelah absen selama 32 tahun.

Komang Teguh tampil dalam empat pertandingan selama kejuaraan multievent se-Asia Tenggara itu dan cetak satu gol. Sedangkan Taufan cetak satu gol dan dua assist dari lima kali penampilan.

Final SEA Games 2023 antara Indonesia vs Thailand memang jadi sorotan setelah ada insiden keributan antar pemain dan ofisial pada akhir babak kedua dan extra time.

Manajer Timnas U-22, Sumardji sempat menjadi korban pemukulan oleh salah satu ofisial Thailand, meski akhirnya yang ofisial Thailand tersebut sudah meminta maaf.

Insiden itu bahkan menyita perhatian Presiden FIFA, Gianni Infantino. Dia menyayangkan kejadian tersebut dan  berharap setelah kejadian final SEA Games 2023 ini AFC, AFF, PSSI, dan FAT bisa mencari solusi terbaik untuk mencegah kejadian serupa terulang di masa depan.