Liga 1

Masih Adaptasi, Bek Persib Asal Spanyol Alberto Rodriguez: Sepak Bola Indonesia Lebih Banyak Lari

Kamis, 13 Juli 2023 13:37 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain anyar Persib Bandung, Alberto Rodriguez Martin saat mengikuti latihan di stadion Sidolig, Jumat (30/07/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain anyar Persib Bandung, Alberto Rodriguez Martin saat mengikuti latihan di stadion Sidolig, Jumat (30/07/23).

INDOSPORT.COM - Bek Persib Bandung, Alberto Rodriguez Martin, mengaku masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan atmosfer pertandingan di kompetisi Liga 1 2023-2024.

Pasalnya, Liga 1 2023-2024 menjadi musim pertamanya berkarier di sepak bola Indonesia, setelah lama malang melintang memperkuat tim yang ada di Spanyol.

Alberto Rodriguez sendiri, baru tiga di Indonesia pada 22 Juni 2023, sepekan lebih menjelang kick-off kompetisi dan langsung bergabung dengan skuad Maung Bandung pada saat pemusatan latihan di Yogyakarta. 

Meski demikian, Alberto memastikan sudah siap untuk menghadapi Dewa United, pada pertandingan pekan ketiga kompetisi Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (14/07/23). 
 
"Saya feeling good buat pertandingan ketiga, tapi masih harus beradaptasi lagi dengan sepak bola Indonesia berbeda tentu dengan dari mana saya berasal," kata Alberto Rodriguez Martin.

Lebih lanjut pemain yang menggunakan nomor punggung 22 ini menuturkan, tidak menemui kendala saat beradaptasi dengan Persib. Pasalnya, rekan-rekannya menyambut baik kehadirannya.

Selain itu, Alberto Rodriguez sudah tidak sabar untuk kembali bertanding di kompetisi Liga 1 2023-2024 dan membawa tim kebanggaan Bobotoh meraih kemenangan.

"Tapi kalau adaptasi dengan tim berjalan sangat lancar, sangat mudah, dan tentunya sudah gak sabar dengan pertandingan ketiga," tegas pemain berusia 30 tahun ini.

Pada dua pertandingan awal Persib Bandung di kompetisi Liga 1 2023-2024, menghadapi Madura United di Stadion GBLA dan Arema FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Alberto Rodriguez mendapat kesempatan bermain.

Pelatih Persib, Luis Milla, menurunkan Alberto Rodriguez sebagai starter dan bermain penuh, pada dua pertandingan kompetisi Liga 1 2023-2024 yang berakhir imbang tersebut.

Setelah merasakan dua pertandingan di kompetisi Liga 1 2023-2024, mantan pemain CD Lugo ini menilai ada banyak perbedaan antara sepak bola Indonesia dan Spanyol.

Perbedaan tersebut diantaranya yakni gaya bermain, menurutnya sepak bola Indonesia lebih mengandalkan fisik dan kecepatan. Sehingga, membuatnya lebih sering bergerak atau lari dalam pertandingan.

"Kalian tahu ya di Spanyol, di Eropa tentu berbeda dengan di Indonesia. Di sana (Spanyol dan Eropa) lebih ada kontrol terus dari segi taktik juga berbeda," ungkapnya.

"Di Indonesia tentunya sepak bola lebih fisik, terus lebih banyak lari. Tentunya saya lebih sering lari di Indonesia terus ada ruang juga yang tercipta akhirnya harus ditutup," ujarnya menambahkan.

Meski banyak perbedaan antara sepak bola Indonesia dan Spanyol, namun sebagai pesepakbola profesional Alberto Rodriguez Martin harus bisa cepat beradaptasi dan menampilkan permainan.

Sehingga, Alberto Rodriguez akan berusaha memaksimalkan waktu yang ada untuk beradaptasi, agar bisa berkontribusi bagi tim kebanggaan Bobotoh di kompetisi Liga 1 2023-2024.

"Jadi saya sudah gak sabar untuk melanjutkan lagi pertandingan berikutnya, belajar lagi, terus supaya bisa membantu tim dan Persib," tegasnya.

Sementara itu, pada persiapan untuk menghadapi Liga 1 2023-2024, Persib sudah berhadapan dengan Dewa United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (15/06/23).

Pada pertandingan tersebut, tim kebanggaan Bobotoh berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1. Dua gol kemenangan Persib, dicetak oleh Ezra Walian dan Ferdiansyah. Sedangkan gol tunggal Dewa United, melalui Nasir.