In-depth

Mampu Gaet Ronaldo hingga Benzema, Mengungkap Alasan Banyak Klub Arab Bisa Kaya Raya

Jumat, 14 Juli 2023 18:20 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Ahmed Yosri
Cristiano Ronaldo menjalani debut saat Al Nassr bersua Al Ettifaq di Liga Arab Saudi. REUTERS/Ahmed Yosri Copyright: © REUTERS/Ahmed Yosri
Cristiano Ronaldo menjalani debut saat Al Nassr bersua Al Ettifaq di Liga Arab Saudi. REUTERS/Ahmed Yosri

INDOSPORT.COM - Klub dari Liga Arab Saudi saat ini tengah mengguncang dunia sepak bola khususnya Eropa, usai sukses mendaratkan Cristiano Ronaldo hingga Karim Benzema.

Sebelum Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema, sebenarnya klub Arab Saudi sudah pernah mendaratkan beberapa pemain top Eropa.

Namun yang paling menghebohkan adalah keberhasilan Al-Nassr menggaet Cristiano Ronaldo pada bursa transfer musim dingin Eropa 2023 lalu.

Kedatanganya ke Al-Nassr memang menghebohkan dunia sepak bola. Pasalnya, pemain Portugal tersebut merupakan pemain dengan segudang prestasi, baik di klub maupun tim nasional.

Ia tercatat mengantongi lima Ballon d'Ors, lima gelar Liga Champions, dan satu gelar UEFA Nations League bersama Portugal.

Striker 38 tahun itu juga menyandang sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola. Ia juga memiliki followers terbanyak di Instagram.

Demi membuat Cristiano Ronaldo betah di Arab Saudi, Al Nassr memberikan gaji 200 juta dollar per tahun, atau sekitar Rp3 triliun lebih.

Setelah Cristiano Ronaldo, para pemain top Eropa lainnya juga kepincut uang melimpah dari Arab Saudi. Mantan rekannya di Real Madrid yakni Karim Benzema juga baru saja resmi digaet Al Ittihad.

Hampir sama seperti Ronaldo, Karim Benzema juga memiliki karier gemilang di Eropa. Ia sukses meraih Ballon d'Or pada 2022 lalu.

Karim Benzema juga mendapatkan gaji selangit yakni 200 juta euro per tahun. Atau kalau dibedah, ia mendapat lebih dari 100 ribu rupiah setiap detik.

Selain Karim Benzema, ada juga N'Golo Kante, Edouard Mendy, Roberto Firmino dan Marcelo Brozovic yang baru terbang ke Arab Saudi pada bursa transfer musim panas Eropa 2023.

Banyak fans bertanya-tanya, mengapa klub Arab Saudi bisa dengan mudah mendatangkan banyak pemain top Eropa. Berikut INDOSPORT telah mengungkap alasan klub Arab bisa kaya raya.