Timnas Indonesia

Pemain Sao Paulo Welber Jardim Belum Terlihat di Internal Game Timnas U-17

Sabtu, 15 Juli 2023 15:09 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Yerimon/INDOSPORT
Latihan timnas Indonesia U-17 di lapangan A Senayan. Copyright: © Petrus Yerimon/INDOSPORT
Latihan timnas Indonesia U-17 di lapangan A Senayan.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-17 menjalani internal game pertama di Lapangan A Senayan, Jakarta, Sabtu (15/7/23) pagi. Dari 34 pemain yang dipanggil, ada satu nama yang belum terlihat, yakni Welber Jardim dari klub Brasil, Sao Paulo. 

Pelatih timnas U-17, Bima Sakti, menjelaskan, internal game dilakukan supaya dia bisa melihat kemampuan para pemain, khususnya kondisi fisik karena sebagian besar aktif berkompetisi pada akhir tahun lalu. 

"Materi latihan hari ini kami memang setiap Sabtu ada internal game, dan sebenarnya baru dua hari latihan. Kami baru berkumpul Minggu kemarin, kemudian tanggal 10 juga belum ke lapangan," kata Bima Sakti. 

Sebelum menggelar internal game, tim pelatih timnas U-17 melakukan tes fisik, tes kesehatan dan psikologi para pemain untuk memetakan kondisi setiap pemain, supaya diberikan materi latihan yang disesuaikan. 

Tes kesehatan penting karena Bima Sakti ingin tahu kondisi pemain yang sudah lama tidak bersama, terakhir Oktober di Kualifikasi Piala Asia U-17. Mereka ingin tahu kondisi otot pemain dan apa kekurangannya. 

"Kami ambil data awal dari semua pemain. Ada 33 pemain, di luar Welber Jardim karena belum hadir. Lalu hari Selasa kita psikotes, ya dari pagi sampai sore, dari jam 8 sampai 3 sore," jelasnya. 

"Kita ambil full semuanya, karena pengen bener-bener hasilnya itu baik dan valid. Kemudian hari Rabu kita ambil tes awal di gym. Jadi kekuatan Iqbal Gwijangge pasti berbeda dengan Kafiatur Rizki," lanjut Bima Sakti. 

"Jadi, saat latihan gym kita juga bisa mendata mereka, berapa untuk ukuran para pemain yang lain, yang pasti berbeda. Kemudian baru hari Kamis kita ke lapangan, adaptasi training, jumat juga, ini baru game internal," tambah juru taktik berusia 47 tahun itu. 

Internal game timnas Indonesia U-17 berlangsung pukul 06.30-09.30 WIB. Total 33 pemain yang ada dibagi dalam dua tim dan menjalani pertandingan 2x40 menit.