Bola Internasional

Ada Persib dan PSM di Balik Kemenangan Asnawi Bersama Jeonnam Dragons

Senin, 17 Juli 2023 14:24 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Jeonnam Dragons
Asnawi Mangkualam bergabung ke klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons. Copyright: © Jeonnam Dragons
Asnawi Mangkualam bergabung ke klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons.

INDOSPORT.COM - Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam tampil 90 menit saat Jeonnam Dragons menang atas pemuncak klasemen sementara Liga 2 Korea Selatan, Gyeongnam FC di pekan ke-20 K-League 2, Minggu (17/07/23).

Pada laga kemarin sore di markas lawan, Asnawi turun sebagai starter sejak menit awal. Dia ditempatkan sebagai bek tengah, alih-alih sebagai bek kanan yang merupakan spesialisnya. 

Jeonnam unggul cepat di babak pertama lewat gol Ha Nam di menit ke-4, memanfaatkan umpan Valdívia. Pada menit ke-31, giliran Valdívia yang catatkan nama di papan skor usai maksimalkan umpan Ha Nam. Skor 2-0 pun bertahan hingga peluit panjang. 

Pada laga tersebut, Asnawi mendapatkan kartu kuning pada menit ke-87. Itu akibat pelanggaran ke pemain lawan.

Menariknya, ada 'peran' dua klub Indonesia yakni Persib Bandung dan PSM Makassar di balik kemenangan Jeonnam Dragons atas Gyeongnam FC.

Tapi, itu bukan dalam artian yang sebenarnya, melainkan kehadiran suporter asal Indonesia yang hadir di Changwon Football Center untuk mendukung Asnawi. 

Asnawi pun menyempatkan diri berfoto dengan para suporter tersebut. Dimana terdapat bendera kebangsaaan Indonesi, Merah Putih di pagar tribun.

"Diam. Alhamdulillah +3 Point," tulis Asnawi di akun Instagramnya. 

Pada dua laga sebelumnya, Asnawi tidak masuk starting XI. Pada pekan ke-18, dia tak dimainkan sama sekali, sedangkan pekan ke-19, eks pemain PSM Makassar itu masuk menit ke-88.

Bagi Asnawi Mangkulam, ini merupakan pertandingan ke-12 sepanjang musim 22/23 untuk Jeonnam Dragons.

Dari total pertandingan tersebut, pemain 23 tahun itu mampu menorehkan dua assists, satu kartu kuning serta satu kartu merah.