In-depth

Nestapa Asnawi Mangkualam, Lawan Argentina Jadi Bintang Lalu Menit Bermain Hilang

Rabu, 12 Juli 2023 16:12 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Chalinee Thirasupa
Pemain Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar gagal mencetak dalam adu penalti. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa Copyright: © REUTERS/Chalinee Thirasupa
Pemain Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar gagal mencetak dalam adu penalti. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa

INDOSPORT.COM - Asnawi Mangkualam secara mengejutkan kehilangan menit bermain di klubnya Jeonnam Dragons usai tampil apik bersama timnas Indonesia melawan Argentina.

Beberapa waktu lalu timnas Indonesia telah menjajal kekuatan Argentina dalam sebuah pertandingan uji coba resmi FIFA atau FIFA Matchday bulan lalu, tepatnya Senin (19/06/23).

Bermain di depan publiknya sendiri, Skuad Garuda menyerah dengan skor 0-2. Masing-masing gol Argentina dicetak oleh Leandro Paredes dan Chirstian Romero.

Perbedaan kualitas dan ranking FIFA juga menjadi alasannya. Argentina berada di peringkat pertama usai menjuarai Piala Dunia 2022, sedangkan timnas Indonesia menempati urutan ke-149 dunia di ranking FIFA.

Dengan hasil ini, Argentina melanjutkan tren positifnya. Mereka meraih kemenangan ke-10 secara beruntun usai terakhir kali tunduk dari Arab Saudi di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 lalu.

Sementara untuk Indonesia, ini adalah kekalahan pertama mereka di laga kandang dalam sembilan pertandingan terakhirnya di Tanah Air. 

Meski kalah, penampilan anak asuh Shin Tae-yong tetap mendapat pujian dari publik Tanah Air, mulai dari gaya bermain hingga mentalitas dan ketenangan.

Salah satu pemain di kubu timnas Indonesia yang paling disorot performanya adalah Asnawi Mangkualam. Pemain berusia 23 tahun itu menjaga pertahanan sisi kanan dengan baik.

Sang pemain tak banyak kehilangan bola atau melakukan kesalahan, justru ia kerap membuat para pemain depan Argentina frustasi, karena tampil kokoh dan sulit ditembus.

Bintang muda Manchester United, Alejandro Garnacho, membuktikannya. Ia tak berkutik saat menghadapi Asnawi, yang tampil spartan tanpa kompromi.

Sayangnya, Asnawi Mangklualam harus bernasib sial usai membela timnas Indonesia vs Argentina di ajang FIFA Matchday lalu.