In-depth

Ada dari Thailand, Membedah 5 Calon Pelatih Baru Persib Bandung Pengganti Luis Milla

Senin, 17 Juli 2023 10:47 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Thananuwat Srirasant/Getty Images
Kiatisuk Senamuang menjadi salah satu kandidat pelatih baru Persib Bandung di Liga 1. Copyright: © Thananuwat Srirasant/Getty Images
Kiatisuk Senamuang menjadi salah satu kandidat pelatih baru Persib Bandung di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Manajemen Persib Bandung langsung bergerak cepat mencari sosok pelatih, setelah Luis Milla memutuskan mundur usai pertandingan pekan ketiga kompetisi Liga 1 2023-2024.

Sejauh ini, manajemen Persib belum memberikan bocoran mengenai kandidat pelatih yang akan direkrut untuk menggantikan peran Luis Milla.

Namun, Manajemen Persib sudah memiliki kriteria yang dibutuhkan, untuk mengisi posisi pelatih setelah Luis Milla memutuskan untuk mundur dari tim kebanggaan Bobotoh.

Manajemen Persib menurut Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, tidak ingin asal rekrut untuk mengisi jabatan pelatih skuad Maung Bandung, sebab posisi tersebut sangat penting di dalam tim. 

Sehingga, manajemen harus mempertimbangkan berbagai hal, sebelum menunjuk sosok pelatih Persib untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 yang sudah bergulir tiga pekan.

Sebagai informasi, Luis Milla merupakan sosok pelatih yang berpengalaman dan sempat menangani Timnas Indonesia, serta musim lalu membawa Persib finish di peringkat ketiga klasemen Liga 1 2022-2023.

Sehingga, manajemen Persib pasti ingin merekrut pelatih yang secara kualitas dan pengalaman tidak jauh berbeda dari pelatih asal Spanyol tersebut.

Selain itu, kemungkinan Persib bakal kembali mengandalkan pelatih asing untuk menggantikan Luis Milla. Manajemen berpeluang untuk merekrut pelatih yang sudah sempat berkarier di Indonesia.

Pasalnya, saat ini kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, sehingga dibutuhkan sosok pelatih yang sudah mengenal karakter sepak bola Indonesia atau sepak bola Asia.

Beberapa pelatih mulai tebar pesona di media sosialnya, setelah Luis Milla memutuskan untuk mundur dari tim Persib, mereka di antaranya Dejan Antonic, Mario Gomez dan Miljan Radovic. 

Ketiga pelatih tersebut sudah tidak asing lagi bagi sepak bola Indonesia khususnya Bobotoh, sebab ketiganya sempat menjadi bagian dari skuad Maung Bandung.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan mereka berpeluang untuk kembali bergabung dengan Persib dan skuad Maung Bandung berpeluang untuk mendatangkan pelatih dari Asia yang sudah mengenal karakter sepak bola Asia Tenggara.

Bedah Sosok Pelatih-pelatih Anyar untuk Persib

Berikut INDOSPORT.COM mengulas pelatih yang kemungkinan bakal bergabung dengan Persib, untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Dejan Antonic

Dejan Antonic, pelatih asal Serbia ini sangat berpengalaman di sepak bola Indonesia dan sempat menangani Persib Bandung di musim 2016. 

Beberapa klub yang sempat dilatih oleh Dejan Antonic, di antaranya Borneo FC, Madura United, PSS Sleman dan Barito Putera. Melihat dari laman Transfermarkt status dia tidak memiliki klub.

Selain itu, pada masa persiapan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 namanya sempat mencuat dan digadang-gadang akan menjadi direktur teknik tim Persib Bandung.

Mario Gomez

Mario Gomez, pelatih asal Argentina ini bergabung dengan Persib pada musim 2017-2018. Saat ini, dia baru saja mengumumkan menyudahi kerja sama dengan tim Liga 2 Argentina, Gymnasia de Jujuy.

Hal itu Gomez umumkan melalui media sosial Instagram pada Jumat (14/07/23) malam. 

"Hari ini saya berhenti melatih dan menyudahi langkah saya di Gymnasia de Jujuy," ungkap Mario Gomez melalui laman Instagram.

"Seperti segala sesuatu dalam hidup, ada momen yang menyenangkan dan lain-lain yang tidak begitu banyak. Hari ini saya harus katakan terima kasih Wolf, terima kasih Jujuy dan semua orang," ujarnya.

Tak butuh waktu lama, akun Instagram Mario Gomez dipenuhi komentar dari fans Persib Bandung yang berharap sang pelatih kembali meracik tim Jawa Barat tersebut.

Miljan Radovic

Miljan Radovic, pelatih asal Montenegro ini merupakan mantan pemain Persib Bandung dan direkrut untuk mengisi posisi pelatih skuad Maung Bandung guna mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2019.

Namun, ia belum sempat memimpin skuad Maung Bandung di kompetisi Liga 1 2019. Lantaran keburu mundur menjelang pertandingan leg kedua babak delapan besar Piala Indonesia 2018/2019 menghadapi Borneo FC.

Miljan Radovic saat itu beralasan meninggalkan tim Maung Bandung karena harus mengikuti kursus kepelatihan UEFA Pro. Saat ini, dia menjadi pelatih di tim Voska Sport, yang berlaga di Liga Makedonia. 

Kiatisuk Senamuang

Sedangkan pelatih Asia yang berpeluang dan cocok untuk menangani Persib, di antaranya Kiatisuk Senamuang. Mantan juru taktik timnas Thailand itu merupakan pelatih ternama di Asia Tenggara.

Persib sebenarnya sudah tertarik menggunakan jasa Kiatisuk Senamuang sejak 2017 lalu, ketika Djadjang Nurdjaman terdepak dari kursi kepelatihan.

Kiatisuk Senamuang sempat dirumorkan akan merapat, sayang rumor itu tidak jadi kenyataan. 

Nama Kiatisuk Senamuang sebenarnya tidak cukup asing di telinga para pecinta sepak bola Tanah Air. Sebab, merupakan mantan pesepakbola yang berprestasi di level Asia Tenggara, saat ini dia menjadi pelatih Hoang Anh Gia Lai FC di Liga Vietnam.

Keisuke Honda

Kemudian, Keisuke Honda adalah mantan pesepakbola top Asia dan juga Eropa karena ia pernah bermain untuk tim-tim besar, seperti AC Milan, CSKA Moskow, hingga Vitesse di Belanda.

CV menterengnya saat menjadi pemain, diharapkan berlanjut di dunia kepelatihan. Ia pun memulai jadi juru latih saat menangani timnas Kamboja dalam kurun waktu 2018-2023.

Di bawah arahan Keisuke Honda, Kamboja sanggup menyaingi level Filipina. Terbukti, Kamboja sanggup mengalahkan Filipina 3-2 di Piala AFF 2022. Ia juga membantu Kamboja U-23 tampil di SEA Games 2023.

Setelah itu, Honda memilih untuk angkat kaki. Saat ini dia belum memiliki klub lagi untuk dilatih, Persib pun bisa meliriknya. Meski demikian, manajemen Persib belum memberikan bocoran, mengenai kandidat pelatih yang akan menggantikan posisi Luis Milla di Liga 1.