In-depth

Bedah Kualitas Giacomo Faticanti Kapten Italia Pengganti Sempurna Sandro Tonali

Selasa, 18 Juli 2023 08:44 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© instagram@_iamgiacomofaticanti_
Membedah kualitas Giacomo Faticanti, kapten Timnas muda Italia calon pengganti sempuran Sandro Tonali di raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan. Copyright: © instagram@_iamgiacomofaticanti_
Membedah kualitas Giacomo Faticanti, kapten Timnas muda Italia calon pengganti sempuran Sandro Tonali di raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan.

INDOSPORT.COM – Membedah kualitas Giacomo Faticanti, kapten Timnas muda Italia calon pengganti sempurna Sandro Tonali di raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan.

Usai kehilangan Sandro Tonali ke Newcastle United, AC Milan bergerak cepat untuk mendatangkan banyak penggantinya di sektor tengah.

Nama seperti Ruben Loftus-Cheek dari Chelsea dan Tijjani Reijnders dari AZ Alkmaar telah didatangkan tim berjuluk Rossoneri tersebut.

Tapi keduanya telah berusia cukup senior, di mana Loftus-Cheek sudah berusia 27 tahun, sedangkan Tijjani telah menginjak usia 24 tahun.

Tak ayal, tim asal Kota Milano itu ingin mencari gelandang tambahan yang masih berusia muda untuk investasi, seperti halnya saat memboyong Sandro Tonali.

Keinginan ini membuat AC Milan kemudian dikaitkan dengan Giacomo Faticanti, gelandang muda milik AS Roma Primavera yang mampu unjuk gigi di Piala Dunia U-20 2023 dan Euro U-19 2023.

Pemain berusia 18 tahun ini mampu tampil menggigit di dua ajang tersebut, dan membawa Italia menjadi Runner Up Piala Dunia U-20 2023 serta menjadi juara Euro U-19 2023.

Di Piala Dunia U-20 2023 di Argentina, Faticanti tampil enam kali, dan tercatat lima kali tampil sebagai starter sebagai gelandang tengah.

Dalam turnamen tersebut, Faticanti menjadi salah satu gelandang pengatur tempo permainan maupun gelandang bertahan.

Tercatat, Faticanti menyentuh bola sebanyak 45,3 kali per 90 menit dan mampu melepaskan 32,7 kali operan sukses atau akurasi operan 88 persen.

Dalam bertahan, Faticanti punya catatan gemilang dengan membuat 2,8 tekel dan 1,2 intersep per 90 menit, dengan rata-rata memenangkan 3,5 duel per 90 menit.

Penampilan apik ini sudah mempesona AC Milan. Terlebih lagi dengan penampilan apik Giacomo Faticanti saat menjadi kapten Timnas Italia U-19 hingga menjadi juara Euro U-19 2023.