In-depth

Profil dan Agama Kiatisuk Senamuang, Eks Juru Taktik Thailand Kandidat Pelatih Persib

Selasa, 18 Juli 2023 12:55 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mengupas profil dan agama Kiatisuk Senamuang, mantan pelatih Thailand yang menjadi salah satu kandidat kuat pelatih Persib Bandung. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mengupas profil dan agama Kiatisuk Senamuang, mantan pelatih Thailand yang menjadi salah satu kandidat kuat pelatih Persib Bandung.

INDOSPORT.COM – Mengupas profil dan agama Kiatisuk Senamuang, mantan pelatih Thailand yang menjadi salah satu kandidat kuat pelatih tim Liga 1, Persib Bandung.

Nama Kiatisuk Senamuang muncul sebagai salah satu kandidat kuat pelatih Persib Bandung setelah hengkangnya Luis Milla beberapa waktu lalu.

Namanya disebut-sebut karena sepak terjangnya di kancah kepelatihan, terutama di kancah sepak bola Asia Tenggara.

Kiatisuk Senamuang diketahui lahir di Provinsi Khon Khaen, Thailand, pada 11 Agustus 1973. Saat ini usianya sendiri ada di angka 49 tahun.

Belum diketahui agama apa yang dianut olehnya. Banyak yang meyakini, bahwa Kiatisuk memeluk agama Budha yang menjadi agama mayoritas di Thailand.

Kiprahnya di sepak bola bermula sebagai pemain, di mana Kiatisuk menghabiskan kariernya di Thailand, Singapura, Malaysia, dan bahkan juga berkarier di Inggris bersama Huddersfield Town pada musim 1999/2000.

Kiatisuk Senamuang dulunya berposisi sebagai penyerang dan dianggap sebagai salah satu striker tajam Asia Tenggara di era 90 an.

Hal ini terbukti dari torehannya untuk Timnas Thailand yang berhasil mencetak 71 gol dari 131 caps yang kini masih menjadi rekor bagi tim berjuluk Gajah Perang itu.

Dari gol-golnya sebagai penyerang itu, Timnas Thailand mampu meraih beragam prestasi seperti tiga gelar juara Piala Tiger atau Piala AFF dan empat medali emas SEA Games.

Usai pensiun pada tahun 2006 silam, Kiatisuk pun melanjutkan kiprahnya di kancah sepak bola dengan bergelut di dunia kepelatihan.

DIketahui, Kiatisuk pertama kali melatih tim Vietnam, Hoang Anh Gia Lai, selama dua tahun dan berlanjut menukangi tim Thailand seperti Chula United, Chonburi, hingga Bangkok Bravo AFC.

Di level klub itu, Kiatisuk Senamuang mampu meraih dua gelar juara saja yakni bersama Hoang Anh Gia Lai dan Chonburi. Hal tersebut lantas membuatnya mendapat kepercayaan menukangi Timnas Thailand