Liga 1

Inovasi Baru Sistem Tiket Arema FC Hasil Berbenah Diri Pasca-Tragedi Kanjuruhan

Kamis, 20 Juli 2023 18:43 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© MO Arema FC
AremAxcess jadi inovasi Arema soal tiket. (Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
AremAxcess jadi inovasi Arema soal tiket. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Status sebagai tim musafir di Liga 1 Indonesia 2023/24 tak menghalangi Arema FC untuk terus berinovasi sebagai klub sepak bola profesional di Indonesia.

Langkah terbaru, klub berlogo kepala singa meluncurkan aplikasi bernama AremAxcess. Terobosan ini diklaim memberikan banyak kemudahan bagi para suporter.

"Inilah program yang ditargetkan ada untuk musim ini. Kami bersyukur, program ini terealisasi," ucap General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi, Rabu (19/7/23).

Fokus pertama dari aplikasi itu, Arema FC memberi banyak kemudahan terhadap akses para suporter untuk membeli tiket pertandingan di Liga 1.

Sistem penjualan tiket berjalan penuh secara online, tanpa lagi ada penukaran tiket fisik ketika hari pertandingan. Tentu, ini jadi salah satu kemudahan akses.

Tak hanya perihal pemesanan dan pembelian tiket pertandingan. Aplikasi AremAxcess juga menawarkan kemudahan terhadap akses ke lini lainnya.

Aremania dan para pecinta sepak bola lainnya, akan sangat mudah terhubung pada pemesanan dan pembelian merchandise resmi klub di aplikasi tersebut.

Bahkan, klub juga memberi benefit positif dengan akumulasi poin kepada pembeli tiket pertandingan di Liga 1, yang bisa diakumulasikan untuk berbelanja marchandise.
 
"Karena ini berbasis data, jadi setiap pembelian tiket (pertandingan) bisa diakumulasikan dengan banyak program. Jadi, Arema FC benar-benar berusaha lebih dekat secara person to person," beber Yusrinal.

Selektif dan Proteksi

Arema FC tampaknya benar-benar belajar dari Tragedi Kanjuruhan, yang menewaskan 135 orang dan ratusan lain luka-luka pada Sabtu (1/10/22).

Pembelajaran itu kemudian membuat Arema FC lebih selektif lagi dalam melakukan identifikasi terhadap para calon penonton dalam pertandingan di Liga 1.

Situasi inilah yang membuat klub menerapkan inovasi, melalui aplikasi AremAcess. Nantinya, para pembeli tiket mendapatkan verifikasi cukup detail.

Para calon pembeli tiket pertandingan Arema FC nantinya mesti mengisi data diri sesuai NIK (Nomor Induk Kependudukan) dengan menyertakan foto terbaru.

"Verifikasi mungkin nantinya membutuhkan waktu, karena baru awal. Tujuannya murni untuk identifikasi siapa yang nanti membeli tiket," jelas Yusrinal Fitriandi.

Pembelajaran pasca tragedi, juga membuat Arema FC menyertakan benefit berupa asuransi untuk memproteksi keselamatan setiap penonton nantinya.

"Fitur pembelian tiket secara online ini bisa dilakukan untuk mendapat tiket (mulai) laga Arema FC versus Bali United," pungkasnya.

Untuk tiket pertandingan, Arema FC juga menerapkan kenaikan cukup signifikan. Tiket tribun ekonomi dibanderol Rp150.000 dan Rp350.000 untuk VIP selama laga di Bali.