Liga Inggris

Alasan Jurgen Klopp Bisa Blunder Saking Banyaknya Penyerang Top di Liverpool

Jumat, 21 Juli 2023 15:45 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Satish Kumar
Banyaknya penyerang top yang dimiliki klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, bisa memicu blunder dari Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Satish Kumar. Copyright: © REUTERS/Satish Kumar
Banyaknya penyerang top yang dimiliki klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, bisa memicu blunder dari Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Satish Kumar.

INDOSPORT.COM - Banyaknya penyerang top yang dimiliki klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, bisa memicu blunder dari Jurgen Klopp.

Liverpool merupakan salah satu tim yang dianugerahi banyak penyerang bertalenta. Bahkan setelah ditinggal Roberto Firmino, lini serang The Reds masih diisi nama-nama top seperti Darwin Nunez, Diogo Jota, Cody Gakpo, Luis Diaz, hingga Mohamed Salah.

Deretan nama ini tentunya bisa membuat tim-tim lawan ketar-ketir. Tak banyak tim Liga Inggris atau bahkan Eropa yang memiliki lini serang demikian mematikan.

Akan tetapi, banyaknya penyerang top ini juga berpotensi menjadi blunder bagi sang pelatih, Jurgen Klopp. Pasalnya, ia harus menemukan komposisi yang tepat untuk para penyerangnya.

Kejelian Jurgen Klopp untuk menemukan komposisi yang pas kian diuji pada laga perdana Liga Inggris 2023/2024, di mana mereka akan menghadapi Chelsea.

Namun, Jurgen Klopp layak bersyukur, karena setidaknya satu posisi telah hampir pasti menjadi milik Mohamed Salah. Sang Pangeran Mesir menjadi pemain tak tergantikan di sisi kanan.

Kelayakan Mohamed Salah mengisi posisi penyerang kanan juga masih teruji saat Liverpool menghadapi Karlsruher SC dalam laga uji coba pramusim beberapa waktu lalu.

Jurgen Klopp sendiri merupakan salah satu penggemar formasi 4-3-3. Dengan demikian, tinggal dua posisi tersisa yang akan diperebutkan oleh empat penyerang Liverpool lainnya.

Di posisi penyerang tengah, Jurgen Klopp mesti mencari pengganti sepadan bagi Roberto Firmino, yang selama ini bermain sangat baik sebagai false nine.

Satu nama disebut telah memenuhi kriteria sebagai penerus Roberto Firmino, yang membuat pilihan Jurgen Klopp kian mengerucut.