Liga 1

Bedah Formasi Mengerikan Persib Bandung Usai Bungkus Eks JDT Levy Madinda

Jumat, 21 Juli 2023 13:30 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Persib
Gelandang asing Persib Bandung, Levy Madinda. Copyright: © Persib
Gelandang asing Persib Bandung, Levy Madinda.

INDOSPORT.COM - Bedah formasi paten Persib Bandung di Liga 1 Indonesia 2023-2024 seiring bergabungnya mantan gelandang serang timnas Gabon, Levy Clement Madinda.

Persib Bandung baru saja mengumumkan Levy Clement Madinda, sebagai rekrutan anyarnya untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2023-2024.

Madinda direkrut dari klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT), dengan status pinjaman menjelang ditutupnya pendaftaran pemain untuk Liga 1 2023-2024, Kamis (20/7/23).

Pemain berusia 31 tahun ini sengaja didatangkan oleh skuat Maung Bandung untuk menggantikan posisi Tyronne del Pino yang mengalami cedera.

Dengan bergabung Madinda, lini tengah Persib Bandung bisa semakin kuat karena di sana berisikan banyak pemain berkualitas dan berpengalaman.

Selain Madinda, di lini tengah Persib ada Marc Klok, Dedi Kusnandar, Abdul Aziz, Beckham Putra Nugraha. Sehingga, tim pelatih punya banyak opsi untuk memasang pemain di posisi tersebut.

Sebelum bergabung, Levy Madinda sempat dipinjamkan JDT ke klub Malaysia lainnya yakni Negeri Sembilan. Dia tampil sebanyak 15 kali dengan catatan satu gol serta lima assist.

Selain itu, dia juga sempat memperkuat Celta Vigo (2012-2017) di Spanyol dan pernah dipinjamkan ke Gimnastic de Tarragona. Kemudian, bermain di salah satu klub asal Yunani, Asteras Tripolis (2017-2018). 

Usai memperkuat Asteras Tripolis, Madinda bermain di Turki bersama Ümraniyespor, Ankara Keciorengucu, dan Giresunspor hingga awal 2021.

Sedangkan bersama timnas Gabon, Levy Madinda tercatat pernah mengikuti beberapa kejuaraan, di antaranya Kualifikasi Piala Dunia, Kualifikasi Piala Afrika, Piala Afrika dan beberapa uji coba internasional.

Berikut INDOSPORT membedah formasi Persib Bandung untuk mengarungi Liga 1 2023-2024 setelah merekrut Levy Clement Madinda.

Masih Pakai Pola 3-4-3

Persib Bandung sering menggunakan pola 3-4-3 dan kemungkinan formasi tersebut masih digunakan di Liga 1 2023-2024, meski sudah tidak lagi dilatih Luis Milla.

Pada posisi penjaga gawang, Persib dipastikan bakal mengandalkan Teja Paku Alam, kiper yang musim lalu paling banyak mendapatkan kesempatan bermain.

Kemudian tiga pemain di lini belakang, Persib bisa memasang Alberto Rodriguez Martin bek asal Spanyol yang baru direkrut, selain itu ada nama Daisuke Sato dan Nick Kuipers. 

Selain ketiga pemain tersebut, ada beberapa pilihan pemain yang bisa dipasang di lini pertahanan, yakni bek senior Achmad Jufriyanto dan Victor Igbonefo, lalu Kakang Rudianto dan Rachmat Irianto yang juga terampil bermain di pos gelandang.

Untuk lini tengah, Persib memiliki banyak pilihan dengan bergabungnya Madinda, gelandang serang asal Gabon ini kemungkinan bakal menjadi andalan di lini tengah bersama Marc Klok. 

Selain itu, masih ada opsi lain untuk mengisi posisi gelandang karena Persib masih memiliki Dedi Kusnandar, Abdul Aziz, Robi Darwis, serta Beckham Putra Nugraha.

Sedangkan di posisi winger, Persib bisa memasang I Putu Gede dan Edo Febriansyah. Mereka memiliki banyak pilihan, sehingga menguntungkan bagi tim pelatih.

Kemudian di lini depan, Persib memiliki David da Silva yang menjadi mesin gol Maung Bandung. Striker asal Brasil ini menyumbang 24 gol musim lalu.

David da Silva akan dibantu oleh rekan senegaranya, Ciro Alves. Mantan pemain Persikabo itu juga cukup produktif dengan menyumbangkan 10 gol sepanjang musim lalu.

Mereka berdua bisa disuplai Beckham Putra Nugraha, Frets Butuan maupun Ezra Walian yang musim ini penampilan mulai mengalami peningkatkan.

Berikut prediksi Starting XI Persib Bandung untuk Liga 1 2023-2024.

(3-4-3) 

Teja Paku Alam; Daisuke Sato, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez Martin; Edo Febriansyah, Levy Clement Madinda, Marc Klok, I Putu Gede; Beckham Putra Nugraha, David da Silva, Ciro Alves