Liga 1

Profil Levy Madinda Eks Timnas Gabon yang Direkrut Persib dari Johor Darul Ta'zim

Jumat, 21 Juli 2023 08:03 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil Levy Clement Madinda, mantan gelandang serang Timnas Gabon yang direkrut oleh Persib Bandung dari klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT). Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil Levy Clement Madinda, mantan gelandang serang Timnas Gabon yang direkrut oleh Persib Bandung dari klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT).

INDOSPORT.COM - Profil Levy Clement Madinda, mantan gelandang serang Timnas Gabon yang direkrut oleh klub Liga 1, Persib Bandung, dari klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT).

Persib Bandung baru saja mengumumkan Madinda, sebagai rekrutan anyar di hari terakhir pendaftaran pemain untuk kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, Kamis malam (20/07/23).

Pemain berusia 31 tahun ini, sengaja didatangkan oleh skuad Maung Bandung untuk menggantikan posisi Tyronne del Pino. Pasalnya, gelandang asal Spanyol itu mengalami cedera.

Cedera yang dalami oleh Tyronne del Pino, membuatnya diprediksi membutuhkan waktu pemulihan cukup lama, sehingga dia harus pulang ke negaranya.

Kehadiran Madinda, membuat Persib akan tetap mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 dengan memenuhi kuota 6 pemain asing, 1 di antaranya dari Asia Tenggara.   

Gelandang kelahiran Libreville, 22 Juni 1992 ini didatangkan Persib dari klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) dengan status pemain pinjaman. 

Menurut Deputy CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, JDT meminjamkan Madinda ke tim kebanggaan Bobotoh hingga bulan Desember 2023,

Sebelum bergabung dengan skuad Maung Bandung, Madinda sempat dipinjamkan JDT ke klub Malaysia lainnya yakni Negeri Sembilan.

Selama setengah musim dipinjamkan ke Negeri Sembilan, Madinda tampil dalam 15 pertandingan dengan mengumpulkan 1.253 menit bermain dan mencetak satu gol serta lima assist.

Selain JDT dan Negeri Sembilan, Madinda pertama kali berkiprah di Liga Malaysia bersama Sabah pada periode tahun 2021-2022. 

Pada musim pertamanya di Malaysia bersama Sabah FC, dia Madinda mendapatkan kesempatan bermain dalam 16 pertandingan dengan mengumpulkan 1.271 menit bermain dan menyumbangkan empat gol dan dua assist.

Sebelum berkarir di Malaysia, Madinda mengawali karier sepak bolanya dengan Celta Vigo (2012-2017) di Spanyol dan sempat dipinjamkan ke Gimnàstic de Tarragona.

Setelah dari Spanyol, Madinda melanjutkan karier sepak bolanya dengan memperkuat salah satu klub asal Yunani, Asteras Tripolis pada musim 2017-2018. 

Usai memperkuat Asteras Tripolis, Madinda bermain di Turki bersama Ümraniyespor, Ankara Keciörengücü, dan Giresunspor hingga awal 2021.

Setelah itu, dia baru mencoba peruntungannya berkarier di Asia Tenggara dengan bergabung ke tim asal Malaysia, Sabah FC pada February 2021.

Sedangkan bersama Timnas Gabon, Madinda tercatat sudah menjadi bagian dari tim nasional Sejak masih di U-23 hingga akhirnya masuk ke skuad senior Gabon. 

Bersama Timnas Gabon, Madinda tercatat pernah mengikuti beberapa kejuaraan di antaranya, kualifikasi Piala Dunia, Kualifikasi Piala Afrika, Piala Afrika dan beberapa uji coba internasional.