In-depth

Meramal Nasib Manchester United Usai Keluarga Glazer Batal Jual Saham Setan Merah ke Sheikh Jassim

Jumat, 21 Juli 2023 18:22 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Carl Recine
Beredar spekulasi jika klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, tak akan merampungkan akuisisi calon pemilik baru dalam waktu dekat.(Foto: REUTERS/Carl Recine) Copyright: © REUTERS/Carl Recine
Beredar spekulasi jika klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, tak akan merampungkan akuisisi calon pemilik baru dalam waktu dekat.(Foto: REUTERS/Carl Recine)

INDOSPORT.COM - Beredar spekulasi jika klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, tak akan merampungkan akuisisi calon pemilik baru dalam waktu dekat.

Dengan ini keluarga Glazer bakal tetap menjadi owner resmi The Red Devils sampai musim 2023/2024 resmi berjalan nantinya.

Proses pembelian klub Liga Inggris memang tidak jarang memakan banyak waktu karena begitu banyak detil yang harus dibahas.

Delapan bulan lamanya telah berlalu sejak keluarga Glazer mengumumkan ide penjualan saham Manchester United namun akuisisi belum juga rampung.

Hanya saja jika dibandingkan dengan proses perpindahan tangan Chelsea dari Roman Abramovich ke Todd Boehly yang hanya berlangsung sejak Maret sampai Mei 2022, jelas wajar bila kemudian fans Setan Merah diebuat gerah.

Sejauh ini salah satu penyebab lambatnya penentuan pemilik baru adalah karena adanya pertarungan tinggal melibatkan dua investor peminat yakni Sir Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim.

Keduanya saling melempar tawaran silih berganti namun keluarga Glazer tidak juga dibuat puas dengan nominal yang tertera sehingga akhirnya masih duduk nyaman di Old Trafford.

Berbagai cara telah dilakukan para pendukung Manchester United untuk melampiaskan kekecewaan atas lambatnya proses akuisisi, mulai dari pemasangan spanduk protes di stadion hingga mengubah isi Wikipedia soal keluarga Glazer.

Namun semua itu tak membuahkan hasil yang signifikan. Dengan waktu kurang dari sebulan sebelum liga dimulai, banyak yang meyakini keluarga Glazer masih akan menjadi pemilik sah Manchester United di musim yang baru.

Dilansir dari The Dailymail, proses akuisisi yang berlarut-larut ini tak hanya mengecewakan para fans, tapi juga di luar ekspektasi keluarga Glazer.

Manchester United, yang mereka kira dapat dijual dengan harga 6 miliar Poundsterling, ternyata cuma 'laku' 5 miliar Poundsterling.

Padahal, harga 5 miliar Poundsterling sudah sesuai, melihat harga saham dan tingkat pendapatan klub saat ini. Tak mengherankan bila klan pengusaha kaya dari Amerika Serikat itu membatalkan niat menjual Manchester United dan tetap bertahan sebagai pemilik klub.