In-depth

Profil Josko Gvardiol, Calon Bek Man City yang Bakal Kalahkan Rekor Transfer Harry Maguire

Jumat, 21 Juli 2023 03:19 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Daniele Mascolo
Bek RB Leipzig, Josko Gvadiol (tengah) yang jadi incaran Chelsea. (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo) Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Bek RB Leipzig, Josko Gvadiol (tengah) yang jadi incaran Chelsea. (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM - Jawara Liga Inggris (Premier League) musim lalu, Manchester City dikabarkan bakal mendaratkan Josko Gvardiol pada bursa transfer musim panas 2023.

Meski sudah berhasil meraih treble winner pada musim lalu, Manchester City sepertinya belum puas. Mereka ingin menambah amunisi di bursa transfer dengan merekrut bek RB Leipzig, Josko Gvardiol.

Bahkan jurnalis sekaligus pakar bursa transfer ternama asal Italia, Fabrizio Romano, menjelaskan kalau kesepakatan antara Manchester City dan RB Leipzig soal Josko Gvardiol sudah tercapai.

"Eksklusif: Josko Gvardiol ke Manchester City, here we go!" buka Fabrizio Romano yang dikutip dari akun Twitter resmi milik Fabrizio Romano.

"Kesepakatan antara Manchester City dan Leipzig telah tercapai tentang biaya Gvardiol. Sang pemain juga telah menyelesaikan tes medis bagian pertama hari ini, kesepakatan di ambang penandatanganan."

"Josko Gvardiol menyetujui persyaratan pribadi untuk bergabung dengan Manchester City satu bulan yang lalu," imbuhnya.

Josko Gvardiol sendiri merupakan pemain sepak bola asal Kroasia. Ia lahir di Kota Zagreb, Kroasia pada 23 Januari 2002 silam (usia 21 tahun).

Sebelum sehabat sekarang, ia sempat menimba ilmu sepak bola di akademi sepak bola lokal, NK Tresnjevka pada 2009 di kalanya usianya 7 tahun.

Setelah itu, Josko Gvardiol bermain di akademi Dinamo Zagreb pada tahun 2010 silam. Dia dipercaya bermain di tim kelompok umur U-17 hingga U-19.

Josko Gvardiol akhirnya dapat bermain di tim senior Dinamo Zagreb pada tahun 2019. Selama dua musim memperkuat tim tersebut, ia tampil sebanyak 52 laga dengan rincian 4 gol serta 3 gol.

Usai merampungkan musim 2019/20, RB Leipzig menggelontorkan dana 16 juta euro dan bonus untuk memboyong Gvardiol dari Dinamo Zagreb.

Angka itu menjadi yang terbesar ketiga di antara bek Kroasia, dan menjadi yang termahal di antara pemain muda di Kroasia saat itu.

Namun, Gvardiol tak langsung ke RB Leipzig. Ia dipinjamkan selama semusim di Dinamo Zagreb, sehingga mencetak total 52 laga dengan sumbangsih empat gol dan tiga assist.

Pada musim panas 2021 lalu, Gvardiol datang ke RB Leipzig. Sejauh ini, Josko Gvardiol telah mencatatkan 87 penampilan, dan mencetak lima gol serta tiga assist.