In-depth

Profil Kobbie Mainoo, Remaja yang Siap Melejit di Tim Utama Manchester United

Jumat, 21 Juli 2023 14:07 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Instagram: kobbiemainoo
Profil dan biodata Kobbie Mainoo, pemain muda Liga Inggris (Premier League) yang siap melejit di tim utama Manchester United. Copyright: © Instagram: kobbiemainoo
Profil dan biodata Kobbie Mainoo, pemain muda Liga Inggris (Premier League) yang siap melejit di tim utama Manchester United.

INDOSPORT.COM - Profil dan biodata Kobbie Mainoo, pemain muda Liga Inggris (Premier League) yang siap melejit di tim utama Manchester United.

Manchester United era Erik ten Hag belum berhenti menggeliat. Satu demi satu bibit unggul seperti Alejandro Garnacho pun mulai menarik perhatian publik sepak bola.

Belum selesai dengan Alejandro Garnacho, kini muncul satu nama lagi yakni Kobbie Mainoo, yang belakangan memang mencuri perhatian di laga pramusim Setan Merah.

Ia dimainkan di babak pertama pertandingan Manchester United menghadapi Olympique Lyon, yang berakhir dengan kemenangan Setan Merah 1-0.

Di partai tersebut, ia pun berhasil membuat Erik ten Hag dan para penonton terpukau, padahal belum lama dipromosikan berlatih bersama tim utama.

Per United in Focus, Kobbie Mainoo mencatatkan 94% complete pass saat melawan Olympique Lyon, yang menunjukkan betapa kuatnya ia dalam penguasaan bola.

Selain itu, gelandang yang satu ini juga baru debut di Premier League Liga Inggris bulan Februari lalu di pertandingan kontra Leicester City.

Jangankan menjadi salah satu pemain muda yang mencuri hati tahun lalu dan tahun ini, Kobbie Mainoo juga meraih Jimmy Murphy Young Player of the Year 2022/2023 yang prestisius di Manchester United.

Sebelum merasakan debut di tim utama musim lalu, Kobbie Mainoo tercatat sebagai pemain andalan tim U-21 di ajang Premier League 2.

Ia juga salah anggota skuad kemenangan Manchester United di final FA Youth Cup 2021/2022, yang menekuk Nottingham Forest 3-1.

Bersamanya kala itu, ada pula pemain-pemain muda yang namanya kini sudah mulai familier seperti Ethan Ennis dan tentu saja Alejandro Garnacho.

Kobbie Mainoo merupakan pemain kelahiran Stockport, Inggris, pada 19 April 2005. Usianya saat ini 18 tahun.

Ia sempat bermain di Cheadle & Gatley Junior Football Club sebelum bergabung dengan Manchester United pada usia sembilan tahun.

Sejak saat itu, ia belum pernah berpindah klub dan sampai detik ini masih bertahan sebagai salah satu prospek menjanjikan Manchester United.

Dengan sepak terjang yang sejauh ini begitu impresif, bukan tidak mungkin ia akan mengikuti jejak pendahulunya yakni Alejandro Garnacho dan Marcus Rashford.

Dua sosok tersebut menembus starting XI Manchester United tanpa satu kali pun dipinjamkan ke klub lain, seperti yang banyak terjadi pada pemain-pemain muda di tim besar.