Liga 1

Fakta-fakta Mengejutkan di Balik Kekalahan Persija Jakarta dari Persita

Sabtu, 22 Juli 2023 20:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Khairul Imam/Persija
Starting eleven Persija Jakarta pada pekan keempat Liga 1 2023/2024 melawan Persita di Indomilk Arena, Sabtu (21/07/23). Copyright: © Khairul Imam/Persija
Starting eleven Persija Jakarta pada pekan keempat Liga 1 2023/2024 melawan Persita di Indomilk Arena, Sabtu (21/07/23).

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta harus mengakui ketangguhan Persita Tangerang di pekan keempat Liga 1 2023/2024, Sabtu (22/07/23) di Indomilk Arena, Tangerang. Tim Ibu Kota kalah 0-1 dari tim Ungu Barat.

Pada babak pertama, kedua tim saling serang tapi tak ada gol yang tercipta. Perubahan lalu dilakukan masing-masing pelatih di babak kedua dengan memasukan pemain baru yang lebih menyerang.

Tetapi, pergantian Persita lebih efektif. Pemain muda, Esal Sahrul yang masuk menggantikan Irsyad Maulana berhasil membobol gawang Andritany Ardhiyasa menit ke-81. Skor itu bertahan hingga peluit panjang. 

Pelatih Persija, Thomas Doll menyatakan timnya tidak berani pegang bola. Itu yang membuat penampilan Macan Kemayoran tidak superior.

"Menurut saya, kami hanya layak dapat poin karena main kami gak bagus. Padahal pekan lalu main bagus. Hari ini banyak salah ambil keputusan, dan gak lama pegang bola," kata Thomas Doll soal kekalahan hari ini.

Sejumlah fakta pun tercipta di balik kekalahan Persija sore tadi. Setidaknya ada lima hal yang menarik perhatian untuk dibahas.

Simic Tiba-tiba Menghilang dari Starting XI

Striker Kroasia ini awalnya masuk starting XI dan jadi andalan di lini depan Persija. Tapi, saat kick off, dia tidak terlihat di lapangan dan digantikan oleh Aji Kusuma.

Ternyata, Simic mengalami cedera saat pemanasan. Kepada INDOSPORT, dia pun mengakui hal tersebut, tapi belum mengetahui cedera apa yang dialami.

Kekalahan Perdana Musim Ini

Kekalahan dari Persita merupakan hasil minus perdana Persija yang dialami di Liga 1 2023. Pada tiga pertandingan sebelumnya, Riko Simanjuntak dan kawan-kawan meraih dua hasil imbang dan sekali menang.

Persija bermain imbang 1-1 kontra PSM Makassar, lalu imbang 0-0 lawan Persikabo 1973 dan menang 4-1 aras Bhayangkara FC pada pekan lalu.

Skuad Persija Dikawal Rantis

Ketika datang dan pulang dari Indomilk Arena, skuad Persija tidak menggunakan bus seperti biasanya. Tim kebanggaan Jakmania naik dan dikawal menggunakan kendaraan taktis atau rantis.

Hal itu juga pernah dialami Persija pada musim lalu. Alasannya adalah untuk menjaga keamanan para pemain mengingat rivalitas antar kedua tim.

Bus Persija biasanya menunggu para pemain di daerah Tangerang Selatan. Dari sana, mereka akan pindah ke bus dan pulang ke mess dengan kawalan polisi.

Pemain Persija Mendadak 'Bisu'

Usai pertandingan yang berakhir dengan kekalahan, para pemain Persija juga enggan berbicara dengan awak media di mix zone. Ondrej Kudela, Maciej Gajos hingga Andritany Ardhiyasa berlalu begitu saat, meski dipanggil media untuk sesi wawancara.

Hanya pelatih Thomas Doll dan Rizky Ridho yang berbicara dengan awak media di sesi preskon.

"Selamat buat Persita yang sudah menang. Kami akui mereka bermain lebih baik. Semoga ke depan, kami juga lebih baik terdekat melawan Persebaya," ucap Ridho.

Skuad Persija 'Diejek' Meong

Akibat penampilan yang melempem saat lawan Persita, skuad Persija 'diejek' oleh penggemar tuan rumah, La Viola. Namun, itu bukan ejekan yang sebenarnya tapi berupa psywar.

Penonton di tribune utara menyanyikan lagu yang ditujukan untuk Persija. Narasi lagunya cukup menyita perhatian yakni 'Macannya jadi Meong', itu merujuk pada julukan Persija yakni Macan Kemayoran. 

Kekalahan dari Persita membuat posisi Persija merosot di klasemen sementara Liga 1 2023. Tim Ibu Kota kini berada di peringkat delapan dengan raihan lima poin.

Setelah kalah pada pekan keempat, Persija harus segera bersiap untuk laga selanjutnya melawan Persebaya Surabaya pada 30 Juli. Laga tersebut akan dimainkan di Stadion Gelora Bung Karno.