Liga Inggris

Kepedean Andre Onana Bisa Buat Erik Ten Hag Senam Jantung di Manchester United

Minggu, 23 Juli 2023 15:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Soccrates/Getty Images
Pengamat sepak bola Eropa, Graeme Souness sebut kepedean Andre Onana berpotensi membuat Erik Ten Hag senam jantung di Manchester United. Copyright: © Soccrates/Getty Images
Pengamat sepak bola Eropa, Graeme Souness sebut kepedean Andre Onana berpotensi membuat Erik Ten Hag senam jantung di Manchester United.

INDOSPORT.COM - Pengamat sepak bola Eropa, Graeme Souness sebut kepedean Andre Onana berpotensi membuat Erik Ten Hag senam jantung di Manchester United.

Diketahui, Andre Onana resmi meninggalkan Inter Milan dan merapat ke tim raksasa Liga Inggris, yakni Manchester United di bursa transfer musim panas 2023.

Man United mengumumkan transfer Andre Onana pada Jumat (21/7/23). Setan Merah menebus kiper 27 tahun itu dari Inter Milan seharga 51 juta euro, plus bonus 4 juta euro.

Onana meneken kontrak berdurasi lima tahun di Old Trafford. Dia diproyeksikan untuk menggantikan kiper utama, David de Gea yang kontraknya habis musim panas ini.

Andre Onana tampil gemilang bersama Inter Milan dengan torehan 19 clean sheet dari 41 laga, dan dikenal sebagai pemain yang tidak takut mengontrol bola di bawah tekanan lawan.

Hal ini pula yang menjadi sorotan mantan pemain Liverpool sekaligus sang pengamat sepak bola berpaspor Skotlandia, Graeme Souness. Menurutnya, Andre Onana over pede dan bisa membahayakan gawang.

Padahal secara kualitas, David de Gea juga unggul. Hanya karena satu blunder di laga kontra West Ham, Mei 2023 lalu, sang kiper dianggap tidak layak membela Man United.

Padahal di waktu yang sama, David de Gea juga sukses memecahkan rekor cleansheet terbanyak untuk Manchester United. 

David de Gea membuat 545 penampilan untuk klub, dan empat kali memenangkan penghargaan Player of the Year.

Kini, sang kiper legendaris resmi meninggalkan Manchester United.

Fakta ini membuat Graeme Souness tergelitik untuk membandingkan David de Gea dan kiper anyar Manchester United, Andre Onana. Siapa yang terbaik?