Timnas Indonesia

Profil Frank Wormuth, Pelatih Jerman yang jadi Mentor Bima Sakti di Piala Dunia U-17

Minggu, 23 Juli 2023 14:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
Ketum PSSI, Erick Thohir, Saat Menghadiri Seleksi Timnas Indonesia U-17 di Persija Training Ground, Nirwana Park, Bojongsari, Sawangan, Depok, Sabtu (22/07/23). Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
Ketum PSSI, Erick Thohir, Saat Menghadiri Seleksi Timnas Indonesia U-17 di Persija Training Ground, Nirwana Park, Bojongsari, Sawangan, Depok, Sabtu (22/07/23).

INDOSPORT.COM - PSSI baru saja menunjuk pelatih asal Jerman, Frank Wormuth sebagai konsultan pelatih Timnas Indonesia U-17. Dia akan mendampingi Bima Sakti selama persiapan ke Piala Dunia U-17 2023.

Ketua umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan, pilih merekrut pelatih 62 tahun itu sebagai strategi membangun karakter sepak bola Indonesia di masa depan.

"Kami sudah menetapkan Frank Wormuth menjadi konsultan pelatih yang akan mendampingi coach Bima Sakti," katanya.

Frank dikontrak selama empat bulan. Dia diharapkan bisa membantu Bima Sakti menyiapkan Timnas U-17 yang tangguh, supaya bisa bersaing dengan 24 negara lainnya di Piala Dunia U-17 yang digelar 10 November - 2 Desember.

"Kontrak pertama ini untuk jangka waktu 4 bulan, hingga ajang FIFA World Cup U-17. Kita akan lihat, bagaimana kolaborasi keduanya dalam membangun timnas Garuda Muda ini," jelas Erick Thohir.

Penunjukan Frank juga tak lepas dari rencana Timnas U-17 untuk jalani pemusatan latihan di Jerman. Dengan jaringan yang dimiliki Frank, itu akan mudahkan skuad Garuda Asia mencari tempat latihan, lawan untuk uji tanding dan lainnya.

"Penunjukan Frank juga didasari rencana kamp pelatihan dan try out ke Jerman yang dimulai September hingga Oktober nanti. Saya percaya jaringan yang dimiliki Frank di Jerman akan banyak membantu pematangan timnas dan juga tim pelatih,"  tutur Erick Thohir.

Frank Wormuth adalah sosok yang berpengalaman di dunia kepelatihan. Dia pernah tangani sejumlah klub di Jerman, Belanda hingga menjadi nahkoda Timnas Jerman U-20.

Sebelum direkrut PSSI, Frank tengah berstatus tanpa klub. Terakhir dirinya duduk di kursi kepelatihan adalah saat  menangani klub asal Belanda, FC Groningen pada tahun 2022 lalu.

Pria kelahiran 13 September 1960 itu mengawali karir kepelatihan sejak 1993. Ketika itu dia merangkap sebagai pemain dan asisten pelatih FV Nimburg (1993) dan FC Teningen (1995).