Liga 1

5 Fakta Menarik Kekalahan Persib dari PSM Makassar di Pekan Keempat Liga 1 2023/24

Senin, 24 Juli 2023 02:23 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Striker Persib, David da Silva (kanan) saat memberikan umpan ke rekannya dijaga ketat pemain Dewa United pada pekan ketiga Liga 1 di stadion GBLA, Jumat (14/07/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Striker Persib, David da Silva (kanan) saat memberikan umpan ke rekannya dijaga ketat pemain Dewa United pada pekan ketiga Liga 1 di stadion GBLA, Jumat (14/07/23).

INDOSPORT.COM - Terdapat lima fakta menarik tetang kekalahan Persib Bandung dari PSM Makassar, pada pertandingan pekan keempat kompetisi Liga 1 2023-2024, Sabtu (22/07/23).

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora B.J Habibie Parepare, tersebut skuad Maung Bandung harus mengakui keunggulan tuan rumah PSM Makassar dengan skor 4-2. 

Empat gol PSM Makassar pada pertandingan tersebut, dicetak oleh Kenzo Nambu, Victor Dethan, Everton Nascimento dan Muhammad Andy. Sedangkan dua gol Persib, diciptakan oleh Ciro Alves dan Marc Klok.

INDOSPORT merangkum lima fakta menarik dari kekalahan Persib Bandung dari PSM Makassar, pada pekan keempat kompetisi Liga 1 2023-2024.

Pertandingan Perdana Persib Tanpa Luis Milla
Pada pertandingan pekan keempat kompetisi Liga 1 2023-2024, Persib Bandung tidak didampingi oleh Luis Milla, pasalnya pelatih asal Spanyol itu memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai pelatih.

Luis Milla, memutuskan untuk mundur dari tim kebanggaan Bobotoh, setelah pertandingan pekan ketiga kompetisi Liga 1 2033-2024.

Mantan pelatih Timnas Indonesia ini terpaksa harus meninggalkan skuad Maung Bandung, dengan alasan keluarga yang ada di negaranya Spanyol.

Faktor persoalan pribadi tersebut, menjadi alasan di balik pengambilan keputusan pelatih berusia 57 tahun ini.

Sehingga, untuk bisa menyelesaikan persoalan itu, Milla harus kembali ke Spanyol dan mencurahkan segenap perhatian dan konsentrasinya.

Keputusan Luis Milla untuk mundur, diikuti oleh tiga asistennya, yakni Manuel Perez-Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez, kemudian Bayu Eka Sari. Mereka, memutuskan untuk mundur dari jajaran staf pelatih. 

Pertandingan Perdana Persib dengan Caretaker Pelatih Yaya Sunarya
Keputusan Luis Milla untuk mundur dari jabatannya sebagai pelatih, membuat manajemen Persib langsung bergerak cepat untuk mencari sosok pengganti.

Hanya saja, sambil menunggu kehadiran pelatih anyar untuk menggantikan posisi Luis Milla, manajemen akhirnya memutuskan untuk menunjuk Yaya Sunarya sebagai caretaker.

Pelatih fisik Persib tersebut, langsung memimpin skuad Maung Bandung pada pertandingan tandang Liga 1 2023-2024 menghadapi PSM Makassar, didampingi oleh pelatih kiper Luizinho Passos dan asistennya I Made Wirawan.

Jumlah Kemasukan Gol Persib Paling Banyak dari 4 Laga Liga 1 2023-2024
Persib sudah melakoni empat pertandingan di kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, namun laga menghadapi PSM Makassar menjadi catatan buruk bagi skuad Maung Bandung.

Pasalnya, pada pertandingan pekan keempat kompetisi Liga 1 2023-2024, jumlah gol yang bersarang ke tim kebanggaan Bobotoh paling banyak jika dibandingkan dengan laga sebelumnya.

Pada pertandingan tersebut, empat gol bersarang di gawang Persib yang dikawal Teja Paku Alam. Pada tiga laga sebelumnya, skuad Maung Bandung paling banyak kemasukan gol saat bermain imbang dengan Arema FC 3-3.

Kekalahan Perdana Persib di Liga 1 2023-2024
Hasil yang didapat pada pertandingan pekan keempat kompetisi Liga 1 2023-2024, membuat Persib menelan kekalahan perdana di musim ini.

Pasalnya, pada tiga pertandingan sebelumnya, tim kebanggaan Bobotoh bermain imbang dengan lawan-lawannya, yakni Madura United, Arema FC dan Dewa United.

Berada di Zona Degradasi
Kekalahan yang didapat dari PSM Makassar pada pertandingan pekan keempat, membuat tim Persib baru mengoleksi tiga poin.

Jumlah poin tersebut, membuat tim kebanggaan Bobotoh terperosok ke dalam zona degradasi.

Saat ini, Persib menempati peringkat 16, sedang posisi 17 diisi oleh Arema FC yang mengumpulkan 1 poin dan dasar klasemen ditempati Bhayangkara FC yang masih belum meraih poin.